(Last Updated On: March 15, 2019)

By Benedict owen

Pernahkah kamu menyambungkan wifi untuk TV di rumahmu? Lalu untuk apa sih kita menyambungkan wifi untuk TV? Ternyata banyak kegunaan yang bisa kamu dapatkan jika menyambungkan wifi untuk TV. Wifi ternyata tidak hanya bisa disambungkan ke laptopmu untuk menonton/streaming film atau bermain games.

Nah, dengan menyambungkan wifi ke TV kamu dijamin acara menonton kamu menjadi lebih seru. Dengan menyambungkan wifi untuk TV, otomatis kamu mendapat akses internet dan dapat menonton film yang kamu suka.

Pada umumnya Smart TV sudah dapat langsung menyambung ke wifi yang kita miliki tanpa perlu adanya kabel. Namun tidak semua TV yang kamu miiki dapat langsung menyambung dengan wifi di rumah. Jika kamu sudah memiliki TV LED di rumah kamu masih dapat menyambungkan wifi untuk TV kamu nih. Ada beberapa alat yang dapat kita gunakan untuk menyambungkan wifi untuk TV kita loh.

Alat yang dapat digunakan untuk menyambung wifi ke TV

Pertama ada android TV box. Ia adalah Smart Wifi yang dapat kamu gunakan untuk menyambung wifi untuk TV kamu. Fungsinya sama seperti Smartphone yang berbasis android. Dengan android TV box ini kamu juga dapat mengakses Google Play Store dan menginstall aplikasi seperti browser dan games di dalamnya. Oleh karena itu, TV Box ini dilengkapi dengan 2Gb Ram dan 16GB Rom. Dengan alat ini kamu bisa mengubah TV biasa kamu menjadi SmartTV dan kamu bisa menonton film di TV dengan lebih nyaman.

Yang kedua ada Anycast Dongel WIFI kabel HDMI. Alat ini dapat kamu gunakan untuk menangkap sinyal wifi yang diberikan. Kamu juga dapat melakukan screen mirroring atau untuk menampilkan langsung layar dari SmartPhone kamu dan laptop kamu tanpa menggunakan kabel atau wireless langsung ke layar TV kamu.

Jadi ada 2 pilihan nih untuk teman-teman mau menggunakan opsi yang mana. Apakah itu android TV box yang dapat mengubah TV kamu menjadi smart TV dengan menggunakan OS sendiri. Atau pilihan kamu jatuh ke Anycast Dongel Wi Fi yang harganya lebih terjangkau dan mudah digunakan. Kalian hanya tinggal memilih salah satunya.

Google Chromecast

Apalagi yang ditawarkan oleh Google? Nah ada alat yang berguna untuk kamu. Google chromecast ditawarkan untuk kamu agar kamu bisa menikmati streaming video atau musik dari internet dan kamu dapat menjelajahi internet. Namun, kamu membutuhkan akses wifi untuk bisa terkoneksi ke internet. Google chromecast ini digunakan untuk bisa mengubah TV HD kamu menjadi Smart TV.

Google chromecast hanyalah sebuah receiver yang tidak bisa mengarahkan sendiri. Oleh karena itu Google Chorecast bekerja bedasarkan perintah dari Laptop atau PC kamu dengan menggunakan browser Google Chrome. Sedangkan untuk perangkat mobile phone kamu seperti smartphone, tablet, iphone dan ipad, kamu dapat mengunduh aplikasinya di Google Store dan Apps Store.

Internet Groovy yang cocok untuk Wifi TV kamu

Permasalahan berikutnya adalah Jika kamu sudah dapat menyambungkan koneksi wifi kamu ke TV kamu, tapi kamu kesal karena sinyalnya lemot. Kemudian hal itu membuat kamu tidak nyaman. Wifi yang lemot sudah seperti menjadi kebiasaan yang susah dihilangkan dan harus kita terima sekarang ini. Tapi tenang teman-teman, Groovy punya solusinya nih. Sebagai provider internet Groovy menyediakan paket Unlimited Speed. Ya seperti namanya Groovy memberikan layanan Speed tanpa batas yang dapat kamu nikmati.

Apa itu Paket Unlimited speed ? Groovy datang dengan paket unlimited speed yang bisa kamu nikmati sehingga kamu dapat ngebut secepatnya ketika mengakses internet. Tidak ada batasan kecepatan atau pengurangan kecepataan pada saat kamu menggunakan Groovy. Sesuai dengan kapasitas device kamu. Iya, Groovy dapat memberikan kecepatan internet sesai maksimal kecepatan device kamu. Dan enaknya lagi setiap hari kuota kamu akan direset terus seperti isi ulang. Jadi kamu tidak perlu takut dan khawatir akan wifi yang koneksinya lemot.

Untuk harga paket unlimited speed dari Groovy, harganya mulai dari 249 ribu saja dan kamu sudah mendapatkan kuota internet 5 GB setiap harinya loh. Jika kamu bingung 5 GB itu sebesar apa, kalau kamu suka menonton Netflix dengan ukuran kualitasnya adalah 4K maka 1 film hanya menghabiskan 1GB saja dengan durasi Film sekitar 2 jam. Jadi, kamu bisa menikmati film Netflix seharian di rumah tanpa takut buffering ketika kamu menonton filmnya.

Cara Menyambungkan Wifi Ke TV

Kita dapat langsung menyambungkan Wifi ke TV kita tanpa kabel LAN atau nirkabel dan perangkat yang kita punya seperti PC dan SmartPhone. Kita juga dapat memutar konten seperti foto, video, dan musik dari perangkat yang kita miliki tanpa diperlukan router ke TV kita. Wifi diperlukan untuk menggunakan fungsi dari smart TV

Nah, ini dia 5 cara menyambungkan WiFi ke TV kamu dengan cepat dan mudah

Ada 5 cara menyambungkan wifi ke TV dengan cepat dan mudah:

Tekan tombol HOME, lalu pilih PENGATURAN

Pilih JARINGAN – WIFI DIRECT – ON

Lalu pilih PENGATURAN WIFI DIRECT

Kemudian pilih nama TV yang ditampilkan di layar TVperangkat WIFI DIRECT

Operasikan perangkat WIFI DIRECT/WIFI yang akan disambungkan dengan TV

Untuk informasi selengkapnya, baca buku panduan untuk perangkat tersebut.

Bagaimana jika sambungan gagal dilakukan?

Saat layar stand by untuk Pengaturan Wi-Fi Direct ditampilkan, tekan tombol OPTIONS, lalu pilih Manual. Pilih WPS jika perangkat tersebut mendukung WPS. Atau, pilih Metode Lain dan ikuti instruksi di layar untuk menyelesaikan konfigurasi tersebut.

Bagaimana menyambungkan perangkat lain?

Ikuti langkah di atas untuk menyambungkan beberapa perangkat. Hingga 10 perangkat dapat disambungkan pada saat bersamaan seperti ponsel android contohnya . Untuk menyambungkan perangkat lain saat 10 perangkat sudah tersambung, lepas sambungan perangkat yang tidak diperlukan, lalu sambungkan perangkat lain tersebut.

Dengan menyambungkan Wi FI untuk TV kamu selain kualitas gambar bagus, aktivitas yang biasa kamu lakukan di device kamu sekarang dapat kamu lakukan di TV. Layar yang lebih lebar akan membuat kamu lebih nyaman. Aktivitas hiburan kamu juga akan lebih menyenangkan dengan menggunakan SmartTV yang terhubung dengan koneksi Wifi.

Write A Comment