(Last Updated On: December 6, 2019)

Bagi para pebisnis, mungkin saat ini banyak yang mengkoneksikan bisnisnya melalui media sosial. Hal ini dilakukan tidak semata-mata untuk meningkatkan penjualan. Tetapi, para pebisnis juga memikirkan untuk masa depan bisnisnya kedepannya.

Dengan menggunakan media sosial untuk dijadikan bagian dari pemasaran suatu bisnis, pebisnis bisa mengembangkan target pasar suatu bisnis tersebut. Dengan begitu, calon customer bisa lebih mudah dan cepat untuk mendapatkan informasi terbaru terkait produk atau jasa yang dijual, lebih mudah diakses oleh masyarakat, dapat meningkatkan ranking search engine, meningkatkan brand image, dan juga dapat selangkah lebih maju dari kompetitor.

Nah, buat memaintain konten di social media memang ngga segampang itu guys. Kita juga harus konsisten dengan konsep yang kita tuangkan agar calon customer juga tidak bingung dengan konsep kita.

Nah bagi yang penasaran, berikut tips simple membuat konten online shop di instagram:

Pengambilan Objek

Pebisnis perlu mengetahui produk apa yang di tawarkan. Menunjukan apa yang ingin di highlight. Jika pebisnis menjual baju, tampilkan model baju yang ingin di perlihatkan, tampilkan secara detail, bila perlu memakai influencer untuk menjadi model baju tersebut agar banyak menarik calon konsumen.

Visual Konsisten

Konsumen akan lebih tertarik dan percaya jika mereka melihat feeds instagram yang rapih dan terkonsep dengan apa yang mereka buat. Dengan memiliki konsep yang menarik, tentu calon konsumen akan tertarik dan ingin tahu lebih tentang produk kita. Untuk memiliki visual yang menarik, biasanya pebisnis menggunakan desain atau konsep yang related dengan produk yang mereka tawarkan. Misalkan suatu bisnis kuliner menjual rice bowl with beef slice, dalam feeds instagramnya tersebut bisa membagikan seputar beef apa yang mereka gunakan, bagian mana daging yang mereka gunakan, tingkat kematangan berapa yang mereka pakai, store nya sudah dimana saja, dan sebagainya. Jangan lupa disesuaikan dengan desain yang ingin diterapkan dan konsisten.

Seimbangkan Dengan Target Audience

Jika pebisnis mengetahuin target pasar yang mereka tuju, mereka bisa menyesuaikan dengan konsep apa yang akan mereka tuangkan di online shop mereka. Seperti misalnya, pebisnis bisa menyesuaikan konsep website atau feeds instagram dengan target pasar mereka berdasarkan produk yang mereka tawarkan. Dengan menyeimbangkan target audience dengan produk yang mereka tawarkan, pesan yang di sampaikan oleh pebisnis diterima dengan baik oleh target audience.

Instagram Story

Bagi pebisnis yang menggunakan instagram untuk memasarkan produknya, pebisnis bisa memanfaatkan function yang ada di instagram salah satunya instagram story. Di instagram story kita bisa memberikan informasi-informasi terkini yang ingin pebisnis baikan kepada target pasar. Dalam instagram story pebisnis juga bisa nge-remind lagi informasi yang sudah dibagikan di feeds instagram.

Manfaatkan Caption Dengan Baik

Kolom caption di instagram adalah salah satu tempat terbaik untuk menginformasikan tentang apa yang ingin disampaikan terkait dengan post-an feeds di instagram. Dengan menjelaskan secara detail sesuai dengan apa yang ingin dibagikan, calon konsumen akan merasa bahwa online shop kalian sangat informatif dan calon konsumen dengan mudah mengetahui secara detail apa yang dimaksud sang owner.

Write A Comment