(Last Updated On: March 6, 2019)

Jualan online. Banyak orang tidak asing lagi dengan online shop. Siapa sih yang tidak tahu online shop? Bahkan di zaman sekarang yang serba modern ini, masyarakat lebih memilih berbelanja di online daripada harus pergi ke toko offline.

Kenapa? Alasannya pasti tidak lain karena waktu, biaya transportasi, dan belum tentu barangnya ada di sana. Sedangkan dengan berbelanja di online shop kita bisa melihat katalog atau menanyakan ketersediaan barangnya terlebih dahulu/memastikan barangnya ready stock atau tidak, hemat ongkos, hemat waktu. Pokoknya praktis. Belanja online bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Selain itu, pasti harganya lebih murah karena tidak dikenakan biaya pajak bangunan. Pembayaran pun mudah dilakukan.

Perkembangan Online Shop

Nah, makanya tidak heran, jika online shop sekarang bertebaran di mana-mana. Semua orang berlomba-lomba untuk mendapatkan penghasilan dengan cara jualan online. Tidak dibatasi apa pun gender-nya, baik pria maupun wanita, atau berapa pun umurnya.

Usaha online kini sudah menjadi pilihan banyak orang untuk memulai bisnis. Alasannya sederhana, yakni karena tidak membutuhkan modal yang besar untuk menjual produk atau bahkan tidak perlu modal untuk memulainya.

Contohnya dropship. Dalam dunia bisnis online, metode dropship sudah cukup akrab di telinga. Penjual membutuhkan supplier sebagai penyuplai barang. Dengan dropship penjual tidak membutuhkan stock barang untuk menjual barang dan tidak perlu penjual yang melakukan proses pengiriman karena semua itu dilakukan oleh supplier.

Perbandingan Online Store dengan Offline Store

Online Store

Perkembangan teknologi masyarakat Indonesia saat ini sudah sangat berkembang pesat. Masyarakat memanfaatkannya untuk jualan online. Pengguna internet yang sudah sangat banyak membuat peluang besar bagi pebisnis online. Terlebih lagi karena industri bisnis 3.0 mulai shifting ke arah 4.0 yang menambah peluang untuk bisnis ini untuk berkembang. Industri 4.0 ini lebih cenderung mendorong AI (Activity Intelegence) yang dapat memberikan rekomendasi kepada kita dengan menganalisis keseharian yang sering kita lakukan.

Offline Store

Berbeda dengan online store, toko offline lebih dipercaya oleh customer karena benar-benar memiliki tempat yang bisa dikunjungi pembeli. Pembeli bisa melihat kualitas produknya secara langsung. Tidak sedikit pelanggan/customer yang lebih memilih berbelanja langsung ke tempatnya dibanding harus membeli online.

Metode pembayaran online shop

Bagi beberapa konsumen, berbelanja di online shop yang memiliki metode pembayaran yang banyak akan memudahkan pelanggan/customer untuk bertransaksi. Hal ini pastinya menambah nilai plus juga untuk penjual online tersebut. Berikut beberapa metode pembayaran online:

ATM

Pembayaran ini adalah pilihan yang paling umum digunakan untuk melakukan pembayaran online.

M-banking

Metode ini  banyak digunakan masyarakat untuk melakukan pembayaran tanpa harus ke ATM. Jadi, hal ini bisa dilakukan tanpa harus menyita waktu.

OVO dan Gopay

Metode pembayaran ini adalah salah satu pembayaran yang sedang booming di kalangan masyarakat. OVO dan GoPay saat ini banyak sekali peminatnya. Hal ini ditunjang dengan berbagai macam promo yang mereka berikan kepada konsumen. Banyaknya promo yang diberikan dapat menambah pengguna baru walaupun hanya digunakan saat promo itu saja.

COD (cash on delivery)

Metode pembayar ini menjadi bisa menjadi salah satu pilihan untuk para pembeli. COD menjadi salah satu metode yang digunakan dengan secara langsung dengan konsumen. Tetapi, metode ini tidak semua online shop menyediakan karena satu dan lain hal. Salah satunya jarak antar penjual dengan konsumen.

PayPal

Paypal adalah semacam rekening bersama. Salah satu metode pembayaran yang menjadi pihak ketiga. Contohnya, pembeli bisa melakukan refund barang jika barang tersebut memiliki masalah. Karena uang yang diterima tidak langsung diterima oleh customer.

Macam-macam platform untuk jualan online

Saat ini sudah banyak platform yang disediakan untuk menjual barang secara online. Hal ini jadi membuat masyarakat lebih mudah untuk berjualan secara online. Selain dari sisi penjual untuk lebih mudah menjalani bisnis, platform ini dapat menambah kepercayaan dari sisi calon pembeli untuk membeli produk lewat online shop. 

Platform juga menarik untuk penjual memasarkan produknya. Kenapa menarik? Karena platform yang tersedia bagi konsumen banyak diakses untuk memenuhi needs and wants mereka. Macam-macam platform yaitu, Tokopedia, Shopee, OLX, dan Bukalapak. Berbagai macam produk bisa didapatkan di sana seperti produk digital, produk kebutuhan sehari-hari, fashion, elektronik, otomotif, dll.

Keefektifan Jualan Online

Bagi masyarakat yang ingin memulai bisnis tetapi tetap ingin meminimalisasi budgetnya, jualan online adalah pilihan yang tepat. Dengan berjualan online kalian akan lebih mudah untuk memasarkan produk. Era sekarang, internet adalah salah satu bagian dari kehidupan masyarakat apalagi bagi kalangan milenial.

Cara menjual produk di online shop yang utama adalah memastikan produk yang dijual memiliki keterangan yang lengkap. Cek pada spesikikasi produk, review produk, ketersediaan produk karena pembeli sangat memerlukan itu. Dalam berjualan online kita tidak melakukan face to face antara pembeli dan penjual. Jadi tugas kita adalah meyakinkan pembeli terhadap produk kita.

Melihat dari kesibukan masyarakat saat ini membuat mereka membutuhkan semuanya serba instan. Oonline shop-lah yang sangat dicari masyarakat. Maka bagi para penjual online pun ini menjadi kesempatan yang sangat pas untuk mengembangkan bisnis online dibanding harus membuka toko offline yang belum lagi memerlukan biaya yang cukup besar untuk biaya tempat, menyetok barang atau hal lainnya.

Bagi yang masih ragu atau takut untuk mencari peruntungan dalam berbisnis cobalah untuk memutuskan berjualan online. Tidak ada salahnya kita mencoba dari hal kecil dulu dengan yang mudah-mudah dan dapat dilakukan siapapun. Berjualan online itu free dan tidak membutuhkan biaya apapun, apa salahnya kan?

Membuat Online Shop Untuk Pemula

Pada dasarnya membuat bisnis online untuk dilakukan oleh pemula itu mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Teman-teman juga pasti bisa melakukannya.

Pilih platform

Hal yang pertama dilakukan adalah teman-teman bisa membuat account di suatu platform (bisa satu atau lebih dari dua) seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, Instagram, dsb.

Tampilkan kontak yang bisa dihubungi

Bagikan alamat email atau phone number yang bisa dihubungi untuk berkomunikasi dengan pembeli.

Bikin katalog

Teman-teman bisa mem-posting produk-produk kalian pada katalog dengan susunan yang rapi.

Keterangan selengkap mungkin

Jangan lupa untuk menambahkan keterangan produk (ukuran, bahan, berat, warna, dsb), keterangan pengiriman (dikirim H+ berapa, menggunakan ekspedisi apa). Jika bisnis sudah berjalan jangan lupa untuk membagikan review-review pembeli di account online shop kalian untuk membangun trust kepada customer.

Promosi

Terakhir, yaitu melakukan promosi. Kalian mau dong toko online dikenal banyak orang dan punya pelanggan yang banyak? Nah, buatlah promosi semenarik mungkin seperti mengadakan sale, cashback, diskon, bahkan dengan endorse influencer. Tujuannya agar masyarakat aware dengan toko online kita.

Choppp!  Jadi deh! Mudah ‘kan?

Tips Agar Jualan Online Laku

Tetapi melihat sangat banyaknya pesaing di luar sana, kita tidak cukup melakukan itu saja untuk bisa bertahan di pasaran tanpa mengembangkannya. Pembeli juga membutuhkan inovasi-inovasi terbaru dari si penjual, baik itu dari segi produk atau pemasarannya. Jika monoton nanti bisa-bisa bisnis kita tersingkirkan dengan competitor lain. Nah, untuk membuat toko online (online shop) kita ramai dan laku di pasaran, temen-temen bisa praktikkan tips ini!

Kerapihan katalog dan kelengkapan informasi produk

Tidak harus terkonsep, yang penting etalase kalian rapi sesuai kategori produk yang kalian jual. Misalnya aksesoris dengan aksesoris, pakaian dengan pakaian, makanan dengan makanan. Jangan lupa dengan keterangan setiap produknya. Ini sangat penting untuk memudahkan pembeli. Misalnya pada produk baju, harus dilengkapi dengan keterangan warna yang tersedia apa saja, ukuran, bahan, dsb.

Iklan/Promosi

Tidak ada salahnya jika kita menggunakan iklan berbayar. Jika itu worth it, apa salahya. Hal itu akan berpengaruh besar untuk online shop kalian. Dengan iklan atau promosi, akan banyak orang yang aware dengan toko online kalian, kemudian berkunjung ke account kalian, melihat katalog, dan tidak sedikit juga yang berujung dengan purchase.

Review

Dengan membagikan review-review customer yang telah mencoba produk kalian dan merasa puas, membuat calon pembeli merasa bahwa toko online kalian trusted dan memiliki produk yang berkualitas. Di tambah jika kalian memakai produk yang kalian jual itu sendiri, itu akan lebih membuat calon customer percaya. Dengan begitu kalian juga bisa benar-benar merasakan apa keunggulan dari produk kalian. Jadi kalian akan lebih mudah untuk menjualnya.

Endorse influencer

Tidak dapat dimungkiri memang jika kita melakukan endorse pada influencer adalah salah satu teknik pemasaran yang paling efektif bagi para online shop. Bagaimana tidak? Pertumbuhan bisnis online kini sudah semakin meningkat dan semua berlomba-lomba agar memiliki banyak followers agar bisnisnya dilihat banyak orang.

Dalam strategi endorsement ini yang perlu diperhatikan yaitu target pasar. Influencer yang dipilih juga harus sesuai dengan produk yang kita jual. Followers si influencer juga sesuai dengan target pasar kita. Jika tidak, endorsement yang sudah kita lakukan tidak ada gunanya.

Internet yang stabil

Bagaimana bisa kita memantau bisnis online kita tanpa kestabilan internet? Bisa-bisa pelanggan keburu kabur menunggu balasan/respons dari kita. Namanya juga bisnis online, sudah pasti bakalan akrab dengan internet. Tidak sedikit online shop mengalami ini, seperti internetnya lemot atau bahkan tidak ada sinyal. Untuk mengatasinya temen-temen disarankan memakai wifi sendiri di tempat tinggal kalian.

Tetapi balik lagi nih, kebanyakan orang masih bermasalah dengan internet yang dipasang di rumah. Baik itu masalah kecepatan yang lemah, sinyal yang kabur-kaburan, bahkan kecepatan yang diberikan tidak sesuai dengan paket yang sudah kita beli. Nah, untuk menghindari hal itu Groovy hadir untuk menangani masalah yang sering para pebisnis online alami.

Groovy untuk pebisnis online

Bagi kalian yang membutuhkan internet yang stabil dan cepat untuk di rumah atau apartemen untuk mendukung bisnis online kalian, Groovy cocok banget nih dijadikan pilihan! Kenapa harus Groovy? Karena Groovy menyediakan layanan Unlimited Speed yang tidak perlu dikhawatirkan lagi. Jadi, tidak ada lagi tuh yang namanya lemot dan sinyal kabur-kaburan. Makanya, untuk teman-teman yang menjalankan bisnis online di tempat tinggalnya (rumah atau apartemen) cocok banget nih berlangganan di Groovy.

Bagaimana bisa Groovy menyediakan kecepatan yang kencang dan stabil? Karena Groovy menggunakan Fiber Optic yang langsung tersmbung ke rumah customer dengan metode FFTH (fiber to the home).

Tentang Fiber Optic

Fiber Optic adalah serat kaca yang sangat tipis seperti sehelai rambut yang dilapisi pelindung. Fiber Optic dapat mentransfer data lebih cepat dengan bandwith yang lebih besar dibandingkan dengan kabel koaksial yang dipakai ISP di pasaran. Groovy juga menyediakan macam-macam paket internet mulai dari 15 mbps, 30 mbps, 50 mbps, sampai 100 mbps speed usage dan paket ini sudah include tv kabel.

Nah, yang menarik, Groovy juga menyediakan layanan Unlimited Speed yang memberikan kecepatan internet tanpa batas. Cocok banget nih untuk para pebisnis online yang membutuhkan layanan internet yang cepat dan stabil

Gimana nih teman-teman? Cukup jelas informasi yang disampaikan mengenai tips-tips agar jualan online kalian laku? Jadi, ditambah dengan berlangganan Groovy kalian bisa mendapatkan kecepatan yang tanpa batas sehingga membuat kelancaran dalam mengembangkan bisnis online kalian.

Write A Comment