(Last Updated On: June 14, 2019)

Streaming, Siapa sih yang nggak tahu kata satu ini? Pastinya kata streaming udah umum banget kalian dengar. Kalian pasti suka nonton Youtube kan? Nah, youtube sendiri adalah platform video streaming terbesar di dunia. Streaming sendiri sebenarnya sudah ada cukup lama. Semua ini dimulai dari streaming broadcast.

Nah, streaming broadcast itu apa sih? Streaming broadcast sendiri adalah salah satu media pendistribusian media ke end-user secara nirkabel. Metode ini digunakan oleh stasiun televisi untuk menyiarkan acara mereka. Nah, kalau sekarang ini kita sudah memasuki zaman digital. Kita hanya memerlukan jaringan bandwith internet saja untuk streaming.

Salah satu layanan streaming yang paling populer saat ini selain Youtube adalah Twitch dan Mixer untuk streaming game. Untuk streaming musik sendiri ada Spotify dan Apple music.

Streaming di kehidupanku

orang lagi di depan laptop
Streaming sambil ngopi dulu

Steaming sendiri sudah menjadi bagian dari kehidupanku. Bagaimana tidak, kalau saya bepergian saya selalu menyetel lagu dari smarthphone. Di saat saya bosan dan ingin mencari tontonan saya biasanya menonton Youtube. Ah, sungguh mudahnya untuk menghibur diri di zaman ini. Semuanya serba mudah. 

Saya sendiri juga suka menonton. Kadang saya berlangganan Netflix untuk menonton beberapa acara eksklusif mereka. Tidak jarang saya berlangganan Amazon Prime untuk menonton The Grand Tour. Tetapi kadang saya juga suka menonton anime secara streaming di website-website tertentu.

Dulu saya mencoba Chrunchyroll untuk streaming anime, tapi saya tidak cocok dengan layanan mereka. Banyak sekali website streaming anime yang bagus, tetapi untuk menemukan yang legal sangatlah susah. Sempat saya mencoba menonton di Netflix. Akan tetapi, tidak semua anime tersedia.

Apple Music vs Spotify

Siapa sih yang nggak tahu Spotify? Salah satu media platform musik yang sangat terkenal di dunia ini juga menggunakan sistem streaming. Kalian bisa menikmati banyak musik internasional maupun lokal di sini. Pengguna Spotify sendiri juga banyak, sekitar 170 juta pengguna.

Apple sendiri juga tidak mau kalah dengan Spotify. Pada 30 Juni 2015, layanan streaming musik ini cukup populer. Pengguna Apple Music sendiri tercatat sebanyak 50 juta pengguna. Angka ini memang tidak sebesar Spotify. Namun saya yakin kalau pengguna Apple lebih loyal.

Saya sendiri adalah salah satu pengguna Spotify yang beralih ke Apple Music. Alasan saya berpaling adalah karena saya merasa kualitas musik di Apple Music lebih baik dari pada yang Spotify tawarkan kepada saya.

Netflix and Chill

Nah, kali ini saya akan membahas tentang Netflix sedikit. Netflix kalau kalian tahu adalah penyedia layanan film berbasis streaming yang memiliki pengguna yang banyak sekali. Dahulu Netflix sendiri tidak memulai bisnisnya dari streaming, melainkan rental film.

Dahulu penguasa pasar rental adalah Blockbuster. Netflix sendiri pernah menawarkan Blockbuster untuk membeli/menjadi investor, Namun Blockbuster tidak menerimanya karena dianggap terlalu mahal. Ironisnya, sekarang ini kita tidak pernah mendengar nama Blockbuster lagi karena mereka sudah bangkrut.

Saya sangat suka dengan layanan Netflix ini. Selain memberikan acara yang memiliki kualitas yang bagus, mereka juga memberikan banyak pilihan acara yang menarik dan genre yang berbeda-beda.

Namun yang saya sayangkan adalah kenapa Telkomsel tidak memberikan akses untuk menonton Netflix di jaringannya? Saya sampai harus membeli kartu XL untuk menonton di smartphone saya yang satunya lagi. Saya berharap Telkomsel memberikan akses ini.

Amazon Prime

Salah satu kompetitor Netflix ini juga memberikan tawaran tontonan yang menarik adalah Amazon Prime. Seperti yang tadi saya katakan kalau saya berlangganan Amazon Prime untuk menonton The Grand Tour. Yang membuat saya sangat tertarik adalah karena mereka adalah eks anggota Top Gear.

Setelah hengkangnya Jeremy Clarkson dari Top Gear, Richard Hammond, dan James May juga ikut hengkang dari Top Gear. Sejak itu banyak sekali fans Top Gear yang menyayangkan kepergian mereka dan mulailah diisi oleh beberapa host.

Namun saya merasa Top Gear bukanlah Top Gear yang saya ketahui sedari dulu. Pada pergantian host ini saya rasa sangat tidak menarik dan mereka harus mengganti seluruh host. Saya rasa host seperti Chris Harris masih menjadikan Top Gear tontonan yang menarik.

Youtube

Yang ini sepertinya nggak perlu banyak penjelasanlah ya. Kita semua tahu kalau Youtube adalah website streaming video terbesar di dunia. Namun apakah kalian tahu kalau Youtube sendiri adalah search engine terbesar kedua di dunia?

Ya kalau kita pikirkan, kan kita apa-apa selalu menggunakan Google. Nah ternyata google in juga adalah pemilik dari Youtube. Youtube sendiri selalu melakukan inovasi. Salah satu inovasi yang menurut saya memilik potensi yang sangat besar adalah Youtube Music.

Youtube Music

Youtube Music, sebuah layanan musik yang diluncurkan pada 12 November 2015 ini memiliki konsep yang sama seperti Spotify dan juga Apple Music. Untuk saat ini Youtube Music hanya tersedia di 49 negara. Sayangnya Indonesia tidak termasuk dari 49 negara tersebut.

Chrunchyroll

Nah, sekarang saya akan berbicara tentang satu platform untuk menonton anime yang saya pernah gunakan dulu. Yak, ini adalah sebuah platform yang saya gunakan untuk menonton Attack on Titans pertama kali dan saya tidak bisa melupakan adrenalin saya bergejolak saat menontonnya.

Saya pertama kali mengetahui website atau platform ini dari seorang Youtuber bernama The Mighty Jingles. Beliau adalah salah satu Youtuber favorit saya sampai saat ini. Saya awalnya hanya ingin menonton Girls Und Panzer di sana dan bertapa senangnya saya saat menemukannya.

Namun saya melihat perubahan yang cukup besar dari platform ini, Banyak anime yang tidak ada lagi di platform ini yang membuat saya bertanya-tanya kenapa semua anime yang saya tonton tidak ada lagi.

streaning dan kendalanya

seperti yang saya sebutkan pada poin-poin yang sebelumnya, banyakan streaming service ini memberikan layanan yang sama. nah, ini lah permasalahan pada steraming services yang ada selama ini.

dari semua setreming services yang saya sebutkan seperti netflix, chrunchyroll, hulu, dan amazon prime, memberikan layanan yang sama saja. dulu chrunchyroll lah yang menjadi satu satunya penyedia streaming anime secara legal.

namun semua berubah ketika netflix mulai memasuki pasar anime, karena acara yang mereka berika seperti violet evergarden dan juga castlevania yang cukup hits memberikan mereka alasan kuat untuk memberikan layanan anime.

nah, yang menjadikan permasalahan adalah setiap streaming services tidak memberikan lisensi atas acra yang mereka produksi. sebagai contoh Game of thrones yang diproduksi oleh HBO hanya bisa di akses oleh pengguna HBO dan tidak dengan pengguna lainnya.

Streaming dan game

Female Fighter

Apa sih hubungan antara game dan streaming? banyak sih, tapi yang menjadikan mereka tidak dapat dipisahkan adalah Twitch. Twitch adalah salah satu website streaming game terbesar di dunia, di website ini kita dapat menonton orang bermain game-game dan kita bisa berinteraksi dengan mereka.

salah satu alasan kenapa media ini sangat populer mungkin dapat dilihat dari pengaruh game dan juga si streamer itu sendiri. seperti Dr.Disrespect yang menjadi streamer of the year 2017. hal ini karena kualitas produksi dari streamingnya yang bagus.

dan juga kita bisa melihat pada tahun lalu, Ninja menjadi streamer of the year 2018 yang mendukung populeritas game Fortnite yang makin melejit dengan karir ninja. streaming tidak dapat dipisahkan dari game, seperti yang kita lihat dari streamers tersebut.

Hah? main game PC di smartphone? emng bisa?

iya bisa, saya juga sempat kaget dengan hal tersebut, tapi ternyata kita akan bisa bermain game PC di smartphone atau tablet atau tv kita secara streaming. Google Stadia adalah layanan yang sedang dibangun oleh Google untuk bermain di segment Gaming.

cara kerja dari Google Stadia adalah kita bisa membayar atau berlanganan games untuk bisa memainkannya. kita hanya perlu akses internet yang stabil saja untuk bisa memainkannya. namun saya rasa untuk di Indonesia mugkin layanan ini masih lama akan tersedia.

Internet sebagai sumber

Semua hal sudah terhubung dengan internet, streaming juga begitu. pasti kesel lah ya kalau internet yang lemot dan juga mahal. nah untuk kebutuhan streaming, pasti kalian butuh internet dengan kuota yang melimpah kan?

nah, saya ada solusi untuk paket internet yang memiliki kuota yang banyak dan juga terjangkau. Dengan berlangganan Rp 249.000 per bulan, kalian dapat menikmati paket Unlimited Kuota dengan speed 10mbps.

selain paket internet yang terjangkau, groovy juga memberikan paket internet dan TV kabel. di jaman ini masih banyak yang suka menonton tv, terutama siaran sepak bola. pastinya streaming pertandingan sepak bola tidak sebagus tv kabel.

jadi tunggu apa lagi, yuk berlanganan Groovy sekarang!

Write A Comment