(Last Updated On: July 2, 2019)

Bagi sebagian banyak orang pasti mengira bahwa kehidupan di Era modern ini memiliki banyak efek negatifitynya untuk masa depan. Seperti halnya membuat pola hidup masyarakatnya menjadi konsumtif. Karena semakin berkembangnya teknologi industri itu membuat penyediaan barang kebutuhan masyarakat di pasaran melimpah.

Karena semakin berkembangnya teknologi industri itu membuat penyediaan barang kebutuhan masyarakat di pasaran melimpah. Dengan keadaan seperti itu membuat masyarakat dengan mudahnya mengkonsumsi barang-barang kebutuhannya masing-masing dengan pilihan yang ada.

Dengan perkembangan Era modern ini juga membuat masyarakatnya menjadi individualistik. Dimana mereka merasa segala sesuatunya dapat dimudahkan dengan teknologi sehingga mereka tidak lagi membutuhkan orang lain.

Tidak hanya itu, dengan pola hidup di Era modern ini juga semakin membuat budaya Indonesia semakin tergeser dengan keberadaan budaya kebarat-baratan. Karena tidak semua budaya barat pantas atau cocok diterapkan di Indonesia. Seperti contohnya saja anak tidak lagi hormat dengan orang tua, kebebasan kehidupan malam, dan lain-lain.

Ada lagi yang membuat kehidupan di Era modern ini semakin terlihat sebelah mata. Kesenjangan Sosial. Ini hal yang paling menyedihkan sih menurut saya. Jadi, jika dalam suatu suatu komunitas hanya ada beberapa individu yang dapat mengikuti arus modernisasi dan globalisasi. Hal ini bisa memperdalam jurang perpisahan antar sesama individu.

Itu berarti individu yang dapat terus mengikuti perkembangan zaman memiliki kesenjangan tersendiri terhadap individu yang tidak bisa mengikuti proses modernisasi tersebut. Dalam kasus ini dapat menimbulkan kesenjangan sosial antar individu, yang dapat di sangkutkan sebagai pribadi yang individualistik.

Kriminaltisas pun juga semakin tinggi karena semakin menipisnya rasa kekeluargaan di kota-kota besar ini. Sikap masyarakatnya yang individualisme dan adanya tingkat persaingan yang tinggi dan pola hidup yang konsumtif.

Nah, kita telah melihat di atas dari segi negatifity dari sebagian banyak orang. Jika kita melihat aktivitas masyarakat di Era modern, tentu tidak hanya memiliki sisi negatifnya saja. Mari kita simak beberapa sisi positif dari pola hidup masyarakat di Indonesia pada Era modern ini.

Mari kita simak bersama beberapa hal positif yang dapat kita ambil dalam kehidupan masyarakat di Era modern saat ini.

Dampak Positif Kehidupan di Era Modern

Berikut dampak positif yang bisa kita dapat di Era Modern ini:

Perubahan pola pikir dan sikap masyarakat

Dengan adanya perkembangan modernisasi dan globalisasi ini dapat menjadikan hal yang lebih baik lagi. Seperti misalnya cara berpikir masyarakat saat ini sudah menjadi rasional dari yang sebelumnya yaitu irasional.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

Melihat dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah menyebar di masyarakat Indonesia dapat membuat segala aktivitas menjadi lebih mudah. Dengan perkembangan ini juga dapat membuat pola pikir masyarakat bisa mendorong untuk lebih maju.

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi juga yang dapat membentuk masa modernisasi ini bisa terus berkembang dan maju di zaman sekarang ini. Terlebih dengan didukung oleh banyaknya ISP yang menjamur di pasaran saat ini seperti misalnya ISP Groovy.

Membuat kehidupan yang lebih baik

Dengan perkembangan yang ada saat ini, masyarakat Indonesia sudah lebih pintar menggunakan teknologi yang ada saat ini. Dengan adanya teknologo dan komunikasi yang sudah cukup canggih, menjadikan salah satu usaha unutk mengurangi pengangguran dan meningkatkan taraf kehidupan masyarakat di Indonesia. Hal ini juga juga di pengaruhi ilmu pengetahuan yang dapat membantu peningkatan modernisasi.

Dari beberapa sisi positif yang sudah dijelaskan diatas, dapat di simpulkan bahwa dengan adanya perkembangan teknologi dan komunikasi dapat meningkatkan perkembangan zaman modernisasi ini untuk kehidupan yang lebih baik. Seperti salah satu contohnya ISP saat ini sudah menjamur di masyarakat, salah satunya Groovy Internet.

Write A Comment