Site Loader

Bikin Keluarga Betah Di Rumah

Nikmati kenyaman Internet lancar di rumah dan tayangan TV Channel berkualitas.

Internet Fiber Optik Jakarta dan Bandung.

Groovy adalah paket internet rumah murah unlimited dilengkapi pilihan tv cable menggunakan jaringan fiber optik di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bandung.

previous arrow
next arrow
Slider
(Last Updated On: May 27, 2019)

Hai, balik lagi nih sama aku. Kali ini aku mau ngebahas tentang E-Sports Indonesia. Ini nih salah satu topik yang lagi booming banget nih di Indonesia. Sebelumnya kalian tahu nggak nih apa yang dimaksud dengan E-Sports dan bagaimana sih perkembangan E-Sport Indonesia?

E-Sports berbeda loh dengan olahraga pada umumnya. Sama dengan kompetisi olahraga yang lainnya , sekarang tim E-Sport juga menjadi cabang baru yang dipertandingkan loh. Bahkan nanti kategori E-Sport masuk dalam kategori yang dipertandingkan dalam kompetisi sekelas SEA Games pada bulan September nanti. Makanya pemerintah sedang gencar-gencar nya mencari bibit atlet muda Indonesia untuk membela nama tanah air dalam cabang E-Sport dalam kancah SEA Games Nanti.

Apa Itu E-Sports ?

Perkembangan E-Sport Indonesia

Mungkin kata E-Sports adalah kata yang asing buat sebagian orang atau bahkan kamu? Namun pasti, E-Sports sudah familiar buat kamu jika adalah seorang gamer atau penggemar games. Jadi E-Sports itu adalah olahraga yang dilakukan melalui media elektronik seperti komputer, konsol game, handphone, dan yang lainnya.

Lalu apakah jika kita bermain game setiap hari, seperti bermain Dota 2, apakah kita layak dapat disebut atlet E-Sports? Ternyata tidak . Kita baru dapat dikatakan atlet E-Sports bila bermain game secara kompetitif seperti mengikuti turnamen.

E-Sport sendiri menjadi hal yang fenomenal belakangan ini. Ternyata hal ini bermula dari kompetisi yang diadakan oleh sebuah komunitas yang menggunkan game sebagai media kompetitif. Seperti yang kita lihat sekarang berbagai turnamen E-Sports mulai dimainkan oleh para profesional yang ahli di bidangnya.

Nah, istilah E-Sport muncul untuk menggambarkan permainan Video Games yang bersifat kompetitif. Terutama kompetitif dalam sekala besar ya. Akibatnya, sekarang banyak tim E-Sports bermunculan atau baru terbentuk.

Tim E-Sports Indonesia

Perkembangan E-Sport Indonesia

Nah teman teman Indonesia juga mempunyai beberapa team E-Sports lho. Di indonesia sempat booming game online seperti Point Blank, CSGO, dan Dota 2. Sendirinya, terkumpul pemain hebat yang membentuk tim E-Sports. Dulu tim E-Sports yang terkenal adalah “JinxPro” dari Game PointBlank dan “BoomId” dari game Dota 2.

Kemudian dunia game mulai merambah ke era Smartphone di mana para developer game mulai memunculkan game versi mobile-nya. Contohnya seperti Mobile Legend dan PUBG mobile di mana game tersebut membuat nama-nama tim E-Sports Indonesia menjadi naik daun. Nama-nama seperti team Evos, RRQ, dan NXL adalah team E-Sport yang terkenal karena game Mobile Legends ini.

Team E-Sports Perempuan

Ada juga lho teman- teman tim E-Sports yang berangotakan perempuan. Contohnya seperti Team FF Gaming atau Female Fighters Gaming. Ini adalah Tim E-Sports yang beranggotakan permpuan. Tim E-Sports ini berawal dari iseng-iseng doang loh, FF gaming terbentuk pada tahun 2010 oleh Ridha “audrey FF” dan kawan-kawannya.

Female Fighters di E-Sport Indonesia

Female Fighter

Counter Strike 1.6 adalah game yang membuat Audrey jatuh cinta pada game genre FPS ini atau yang sering kita sebut First Person Shooter. Audrey sendiri sudah bermain game sejak tahun 2005.

Dari rasa cintanya akan bermain game FPS, Audrey mengajak teman-teman wanitanya yang lain untuk membentuk sebuah tim. Kemudian muncullah nama tim E-Sports Female Fighter gaming. yang berawal dari iseng iseng. Akhirnya aktivitas mereka bermain game di bawah naungan Female Fighters ini menjadi sesuatu yang serius setelah ketagihan serunya bermain secara kompetitif.

Namun seiring berjalannya waktu, personel asli dari Female Fighters mulai memutuskan untuk vakum karena kesibukannya masing masing di luar gaming tentunya. Akhirnya Female Fighters hanya bersisakan Audrey sendiri. Namun karena passion yang dimiliki Audrey, akhirnya ia merekrut anggoat baru untuk mengembangkan dan membesarkan nama Female Fighters.

Divisi Yang Dimiliki oleh FF Gaming

  • Gabriella “Jenova FF” Kashara (leader) – semua divisi
  • Zulfa “Shiny FF” Badjeber – Point Blank dan CS:GO
  • Amelia “Cosmic FF” Desiyani – Point Blank dan Black Squad
  • Maria “Cyrus FF” Rasandy – semua divisi
  • Rhara “Naura FF” Mutiara – Black Squad
  • Nabila “Nabbsky FF” Sulthana – CS:GO dan Black Squad
  • Ridha “Audrey FF” Audrey (manajer) – mengisi kekosongan untuk CS:GO dan Black Squad

Pandangan Female Fighters untuk E-Sport indonesia

Menurut Audrey, ranah e-sport di Indonesia sudah jauh lebih berkembang dan lebih baik. Apalagi jika dibandingkan dengan masa ketika ia belum tergabung ke dalam grup Female Fighters yang ia bentuk.

Kalau dulu gengs buat sebuah team E-Sports nyari sponsor susah banget. Bahkan sampai berusaha sedemikian rupa belum tentu ada perusahaan yang mau jadi sponsor tim kamu loh. Ditambah lagi hadiah dari tournament yang diikuti team Esports masih sangatlah kecil jika dibandingkan dengan sekarang.

Meskipun sekarang ekosistem yang dimiliki E-Sports indonesia sudah lebih baik tetapi tetap saja perkembangan masih dikatakan lambat.

Apabila e-sport di Indonesia sudah cukup berkembang, Audrey FF, mewakili Female Fighters, yakin bahwa game tidak akan lagi dipandang sebagai sesuatu yang negatif. Setiap gamer nantinya dapat membuktikan kepada orang tuanya bahwa bermain game pun dapat menghasilkan sesuatu dan menghidupi diri mereka.

Seperti sekarang ini, FF Gaming khususnya, Audrey sudah diendorse oleh salah satu perusahaan ISP Groovy. Groovy menunjang juga segala aktivitas dari produktivitas gaming-nya. Dengan menggunakan Groovy ia memiliki paket Unlimited Speed. sehiinga kecepatan akses internet yang digunakan tidak memiliki batasan kecepatan.

Ketika kamu berlangganan paket internet Groovy khususnya yang paket internet unlimited speed ini. kamu bisa menikmati kecepatan internet yang benar-benar tanpa batas sesuai dengan kecepatan device yang kamu miliki. Jadi semakin canggih device atau gadget yang kamu miliki makan akan semakin kencang juga kecepatan internetnya.

Paket internet yang mendukung bermain game kompetitif

Untuk bermain game yang kompetitif kamu sangat memerlukan internet nih. Nah internet yang bagaimana yang bisa mendukung performa kamu dan tim kamu dalam bermain game? Biar nanti saat sedang berkompetisi baik kamu sendirian atau bareng tim kamu, kamu tidak mengalami suatu kendala?

Pada umumnya yang kamu butuhkan untuk bermain game adalah internet yang cepat untuk mendownload data yang kamu perlukan di dalam game. Yang kedua kamu membutuhkan kuota yang melimpah. Sayang banget kalau akses internet kamu udah kencang tetapi kuota kamu tidak mencukupi. Lalu yang terakhir yang paling penting nih yaitu adalah kestabilan ping.

Kenapa sih kestabilan ping itu sangat penting? Ping atau packet internet gropher adalah suatu program utilitas yang kamu gunakan untuk memeriksa konektivitas jaringan yang sedang kamu gunakan. Jadi kalau kamu mau bermain dengan lancar tanpa berasa ngelag di dalam game yang mempengaruhi performa kamu nanti, pastikan pPing kamu di bawah 90 ms.

Perkembangan Mobile Games yang mendadak meledak

E-Sport Indonesia

Perkembangan mobile games di Indonesia sangatlah terbilang pesat dan tiba tiba meledak begitu saja. Khususnya bagi kalian pengguna smartphone berbasis android maupun ios. Pasti mudah bagi kalian untuk dapat mengakses mobile game. Karena di app store sudah tersedia banyak games yang bisa kamu unduh dengan mudah.

Sekarang ini genre game dikuasai oleh FPS, MOBA, RPG, TPS, dan Strategy. Setiap genre tersebut memiliki fans dan penikmatnya masing masing. Game yang lagi hits sekarang ini seperti PUBG Mobile, Free Fire, Mobile, AOV, dan Mobile Legend.

Selain komunitas, banyaknya turnamen yang diselenggarakan oleh banyak sponsor membuat nama mobile games menjadi meledak. Yang sering kita jumpai adalah tournament game “mobile legends” dan “PUBGM” yang membuat game tersebut menjadi terkenal di masyarakat.

Peranan pemerintah Dalam E-Sport Indonesia

Turnamen E-Sport Piala Presiden

Berbeda dengan negara maju lainnya seperti Korea, China dan Amerika, E-Sports di Indonesia masih sulit diterima di kalangan orang tua dan birokrat. Namun akhirnya pemerintah baru-baru ini mendukung E-Sports dengan mendirikan ieSPA.

IeSPA atau dikenal dengan nama panjang Indonesia eSports Association adalah wadah resmi komunitas gamer di Indonesia untuk mengembangkan kemampuan dan prestasi dalam dunia video game kompetitif. IeSPA diprakarsai oleh publisher, komunitas forum game, dan beberapa altet game profesional yang ada di Indonesia.

Pemerintah juga mengadakan turnamen E-Sports dengan salah satu game yang dipertandingkan adalah Mobile Legends. Mobile Legends adalah salah satu game yang cukup diminati dan sedang booming di kalangan masyarakat setelah PUBM.

Turnamen E-Sports ini diberi nama Piala presiden. Turnamen ini diikuti oleh 16 Team E-Sports di antaranya ada tim besar ternama seperti EVOS E-SPORT, lalu RRQ PSG E-SPORT, LOUVRE E-Sports. Akhirnya yang keluar menjadi pemenang adalah ONIC E-Sports.

Sekarang ini selain mendukung perkembangan E-Sports, pemerintah sebenarnya sedang mencari bibit bibit muda anak bangsa yang bisa dilatih lebih lagi agar menjadi seorang pro player. Setelah itu mungkin salah satu dari mereka bisa menjadi atlet Indonesia yang bisa mewakili Indonesia seperti SEA Games sebentar lagi.

Sekarang selain rasanya membanggakan sebagai atlet indonesia yang bisa mengharumkan nama bangsa dan tanah air, kesejahteraan para atlet Indonesia juga diperhatikan oleh pemerintah. Selain gaji yang ditawarkan, pemerintah juga memberikan bonus bagi para atlet yang juara dan memberikan mendali kepada negara.

Kini Games sudah tidak bisa dipandang sebelah mata lagi loh teman teman. Sekarang dengan game kita bisa membuktikan kepada orang yang menganggap remeh kita. Games bisa jadi salah satu mata penghasilan yang lumayan loh buat kita. Segala sesuatu jika kita serius dan berusaha secara maksimal maka hasil kerja keras kita juga akan terbayarkan loh. Hasil tidak akan membohongi usaha. Semangat kalian apa pun yang kalian perjuangkan semoga berhasil 🙂 .

Post Author: Benedict Owen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *