(Last Updated On: April 12, 2019)

By Benedict Owen

Broadband
Jaringan Broadband

Hai gengs, apa kabar? Kali ini aku mau nanya nih. Setelah perkembangan internet yang sudah lumayan di Indonesia, apakah kalian sudah mengetahui pengertian dari broadband network? Atau teknologi broadband? Kamu sebagai pengguna internet harus mengetahui nih pengertian broadband network.

Nah untuk kalian yang belum tahu tentang pengertian broadband network, aku mau ngasih tau nih apa sih itu pengertian broadband network. Nah apakah di rumah atau di tempat kerja kamu menggunkan internet broadband? Jadi penghuni rumah kamu atau tempat di mana kamu kerja dapat didukung dengan broadband internet ini.

Jadi gengs, pengertian broadband network sering diartikan sebagai sebagai jaringan atau servis internet dengan kemampuan yang memiliki kecepatan transfer yang tinggi dan memiliki jalur transfer yang lebar. Biasanya broadband network digunakan di kawasan perumahan, sekolah, dan tempat umum. Seperti jika kamu nongkrong di tempat yang menyediakan free wifi. Nah dia menggunakan broadband internet tuh gengs.

Layanan yang ditawarkan oleh broadband connection

layanan broadband
layanan broadband

Broadband memberikan akses data untuk multimedia yang cukup besar. Kecepatan download dan upload yang besar ini dapat dinikmati bersama dengan kecepatan yang dibagi- bagi secara bersama melalui akses wi fi. Akses data multimedia yang diberikan berupa layanan gambar, audio, dan video. Video tersebut termaksud dalam video streaming, video downloading, dan video call.

Pengguna bisa mengakses semuanya dengan didukung oleh perangkat yang mumpuni. Akibatnya, tidak terjadi kendala dalam mengakses layanan tersebut. Dengan kecepatan transfer data ke perangkat mobile phone anda bisa mencapai 8 mbps dan kecepatan minimum 128 kbps sesuai dengan kemampuan smartphone.

Broadband merupakan  koneksi kecepatan tinggi yang bisa akses Internet secara cepat dan selalu terkoneksi atau “always on”. Kalau dirunut ke belakang, sejarah broadband bergerak mulai dari ditemukannya kabel serat optik pada tahun 1950, dimana sebelumnya kebutuhan komunikasi data belum dibutuhkan dalam kecepatan tinggi. Baru pada 1990an muncul kebutuhan yang besar terhadap transfer data kecepatan tinggi dan era broadband mulai.

Jenis-jenis koneksi internet broadband

internet broadband
internet broadband

Koneksi jaringan Internet Broadband ADSL Dan SSL

ADSL atau (Asymmetric Digital Subscriber Line) adalah koneksi broadband yang paling umum digunakan. Koneksi broadband ini banyak digunakan untuk keperluan rumahan dan pekerjaan. Koneksi ADSL merupakan saluran digital yang dapat kamu gunakan untuk mengakses internet tanpa mengganggu saluran telepon atau kabel telepon.

ADSL bekerja pada kecepatan lebih dari 512 kbps. Asymmetric Digital Subscriber Line memungkinkan kecepatan internet koneksi tinggi  tanpa mengganggu kesibukan saluran telepon. Dalam koneksi ADSL, kecepatan download lebih besar daripada kecepatan upload. Hal karena perbedaan dalam kecepatan download dan upload.

SDSL (Symmetric Digital Subscriber Line)

SDSL mirip dengan ADSL. Mereka hanya memiliki 1 perbedaan  yaitu dalam hal kecepatan upload. Koneksi internet  broadband  SDSL  ditandai dengan kecepatan upload dan download yang sama.

Kecepatan download dan upload yang cepat dan stabil biasanya digunakan atau diperuntukkan untuk tujuan bisnis. Internet untuk hal bisnis membutuhkan kecepatan internet yang sama dan stabil dan digunakan untuk dial up. Koneksi SDSL memenuhi persyaratan untuk itu. Biaya SDSL lebih mahal dibanding ADSL. Namun, hal ini bukanlah menjadi beban jika mempertimbangkan keuntungan dari sisi bisnis.

Koneksi Internet Broadband Wireless

Koneksi internet nirkabel adalah kebutuhan sepanjang hari untuk saat  ini. Laptop dan ponsel, semua memiliki koneksi internet nirkabel. Kecepatan download yang disediakan oleh jenis akses teknologi internet broadband network ini berkisar 128 kbps sampai 2 Mbps. Teknologi ini berkembang karena meningkatnya penggunaan perangkat nirkabel seperti ponsel dan laptop.

Koneksi Kabel Internet Broadband

Internet dapat diakses melalui sambungan TV kabel. Koneksi kabel internet  broadband dibuat tersedia bersama dengan saluran TV kabel.sehingga kamu mendapat layanan internet dan TV kabel. Kabel koneksi internet  broadband menyediakan kecepatan mulai dari 2 Mbps sampai 8 Mbps. Sambungan secara luas digunakan di daerah perumahan di beberapa kota-kota besar. Hal ini lebih terkenal dibandingkan dengan koneksi internet ADSL, meskipun kecepatan download dan upload dari kedua jenis koneksi internet ini sama.

Koneksi Internet Broadband Satelit

Semua bentuk koneksi broadband internet yang tadi aku jelasin di atas gengs memiliki keterbatasan jangkauan secara geografis. Koneksi internet Satelit broadband adalah solusi untuk masalah kamu. Dalam jenis koneksi internet, satelit menyediakan akses internet. Hal ini membutuhkan paraboladan membutuhkan perangkat keras pendukung lainnya untuk menerima sinyal.  Kecepatan yang ditawarkan oleh koneksi internet satelit adalah 2 Mbps untuk download dan 1 Mbps untuk upload. Kecepatan ini tidak lebih tinggi dibandingkan dengan jenis lain dari koneksi broadband. Pada koneksi satelit broadband faktor cuaca mempengaruhi sebagian besar.sinyal pada jenis koneksi internet broadband ini.

Write A Comment