(Last Updated On: November 25, 2018)

Paket TV kabel dan Internet sudah menjadi suatu kesatuan di era sekarang ini. Kita sebagai masyarakat pasti akan mencari tipe paket ini. Namun, ada beberapa dari kita yang juga menginginkan paket TV kabel saja atau internet saja dalam satu ISP.

Paket TV Kabel

Tv kabel

Kebutuhan hiburan dan informasi di era internet seperti saat ini bisa dibilang sudah masuk kebutuhan penting, bahkan hampir menyamai  kebutuhan pokok seperti pangan, sandang dan perumahan. Peningkatan kebutuhan ini didorong terutama oleh kenaikan pemakaian ponsel atau telepon seluler di hampir semua kalangan masyarakat.

Layanan televisi berlangganan adalah jasa penyiaran saluran televisi yang dilakukan khusus untuk pemirsa yang bersedia membayar secara berkala. Jasa ini biasanya disediakan dengan menggunakan sistem digital atau analog, melalui media satelit. Saat ini, yang paling lazim digunakan adalah sistem penyiaran digital.

Di Indonesia, layanan TV berlangganan baru dimulai pada era 90-an. PT MNC Sky Vision dan Indovision adalah produk televisi berlangganan pertama yang mengaplikasikan sistem DBS dengan menggunakan satelit Indositas I sejak pertama berdiri pada Agustus 1998.

Kemunculan Indovision sebagai penyedia TV berlangganan pertama ini membawa pengaruh besar pada perkembangan dan sejarah TV berlangganan di Indonesia. Terbuktinya, dengan tidak membutuhkan waktu yang lama setelah Indovision hadir di pasaran, PT Broadband Multimedia/ PT First Media memunculkan TV kabel.

Banyak masyarakat yang hanya membutuhkan paket TV kabel saja pada satu provider. Alasan dari setiap masyarakat beragam. Ada yang mengatakan pada provider A tidak memiliki channel yang diinginkan sehingga memutuskan untuk tidak mengambil paket gabungan. Untuk mengatasi hal ini setiap provider memberikan harga paket yang menguntungkan untuk mereka.

Tips Memilih TV Berlangganan

tips memilih tv berlangganan

Di era sekarang ini provider TV berlangganan sudah cukup banyak. Dari harga yang paling murah hingga tinggi pasti ada. Tinggal kita sebagai pelanggan harus pintar dalam mengambil suatu provider TV kabel/ TV berlangganan.

Adapun tips yang bisa kita terapkan pada saat ingin memilih provider TV berlangganan:


Layanan Resmi

Kita harus tahu terlebih dahulu akan provider yang akan kita pilih memang benar dan terpercaya. Ada beberapa provider yang mengaku akan memberikan TV berlangganan, namun nyatanya tidak datang dan kita sudah bayar.

Reputasi

Sebaiknya mengetahui dengan baik reputasi layanan TV berbayar yang hendak  dipilih. Tanyakan kepada orang-orang terdekat, kawan di kantor, tetangga, atau bahkan mencari review di internet. Mengapa? Jika sudah mendengar testimoni dari berbagai sumber tentang TV berlangganan yang diincar, maka akan mengetahui bagaimana pelayanannya terhadap pelanggan.

Sehingga dalam suatu perusahaan ataupun ISP reputasi sangat penting. Karena akan sangat berpengaruh akan kelancaran dan kemajuan ISP tersebut.

Baca Syarat dan Ketentuan

Biasanya layanan TV berlangganan menggunakan jasa SPG dan SPB di pusat-pusat perbelanjaan untuk tujuan promosi. Jika beberapa SPG atau SPB ini menawarkan promo yang terdengar menarik, jangan terburu-buru untuk menandatangani formulir berlangganannya. Dan jika benar-benar tertarik, kita harus menyimak dengan baik. Mintalah kepada mereka selebaran flyer promosi yang dimaksud dan bacalah dengan seksama syarat dan ketentuannya. Karena kebiasaan dari kita jarang untuk melihat syarat dan ketentuan dan akhirnya terjadi kesalahpahaman.

Paket Internet

Layanan provider internet adalah layanan yang selalu dibutuhkan oleh setiap individu di era sekarang ini. Paket-paket yang diberikan oleh setiap provider pasti beragam. Berdasarkan pada kebutuhan atau kegunaan kita yang ingin menggunakan internet. Berlangganan internet tidak saja membutuhkan dana yang cukup tapi juga kejelian dalam memilih provider internet yang tepat.

Dari total populasi sejumlah kurang lebih 250 juta jiwa, saat ini pengguna internet di Indonesia telah mencapai 132,7 juta orang berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) akhir 2016. Berdasarkan hasil survei yang sama, sebanyak 13,3% berinternet memakai jaringan internet di rumah. Bukan cuma pemakaian internet saja yang terus meningkat. Kebutuhan orang Indonesia untuk menikmati layanan tv berlangganan atau tv kabel juga terus naik. Mengutip data yang dirilis oleh Media Partners Asia yang dirilis pada 18 Oktober 2017 lalu, mengungkap, pertumbuhan industri tv berbayar di Asia Pasifik termasuk di Indonesia terus meningkat.

Router paket internet

Namun, biasanya ada beberapa customer yang membutuhkan paket internet saja seperti kampus,sekolah,mall, warnet. Tidak menutup kemungkinan dirumah kita hanya membutuhkan paket internet saja. Namun, kebanyakan di era sekarang ini, kita sebagai masyarakat pasti langsung ingin berlangganan Paket TV kabel dan Internet.

Ada dua jenis model layanan internet yang ada saat ini yaitu:

Paket internet mobile

Dengan koneksi jaringan seluler atau wireless, di mana para penyedia atau provider-provider-nya merupakan para operator telepon seluler.

Paket layanan internet kabel

Dengan providernya adalah para penyedia jasa sambungan internet menggunakan sambungan kabel fiber optic dan TV berbayar.

Dari kedua jenis model ini, kita bisa memilih tergantung kebutuhan dan tempat kita membutuhkan suatu koneksi internet.

Tips Memilih Paket Internet

Paket Internet di rumah

Adapun tips untuk kita bisa lebih memahami bagaimana kita memilih provider internet yang bijak :

Tingkat kebutuhan akan internet

Seberapa besar kuota data yang sebenarnya kita butuhkan selama jangka waktu tertentu. Rata-rata pengguna internet selalu menetapkan batas pemakaian mereka dengan hitungan jumlah data yang tidak terhingga. Menentukan batas pemakaian bulanan anda bisa juga ditentukan dengan melihat aktivitas berinternet kita dalam batas waktu tertentu tersebut, misalnya dalam waktu satu bulan.

Paket yang ditawarkan

Setiap ISP pasti menawarkan paket-paket yang selalu dibutuhkan oleh pelanggan mereka. Dari paket limited hingga unlimited. Paket-paket yang diberikan berdasarkan kualitas dari perusahaan ISP sendiri. Ada beberapa ISP yang menawarkan paket berdasarkan keunggulan mereka.

  Kecepatan Internet

Pada saat kita ingin berlangganan, kita harus tahu berapa kuota yang akan kita gunakan. Contohnya kita dirumah ada berapa orang dan kira-kira per orang penggunaan internet berapa banyak.

 Technical Support

Pada saat kita ingin berlangganan internet, kita harus tahu sistem dasar teknik internet tersebut. Untuk koneksi internet dengan jaringan tanpa kabel biasanya supportnya tidak terlalu begitu memuaskan. Hal ini karena karakter dari penggunaan sambungan tanpa kabel yang selalu bergerak dan karena penyebaran sinyal yang tidak merata dan itu berdampak pada berubah-ubahnya kualitas sinyal tanpa kabel yang diterima oleh sisi klien.

  Jangkauan Layanan

Cek terlebih dahulu apakah jaringan internet tersedia di daerah tempat tinggal kamu. Biasanya, layanan tv kabel dan internet tidak seperti tv nasional yang bisa dijangkau hingga ke pelosok daerah. Beberapa penyedia layanan tv kabel dan internet hanya memfokuskan layanan pada daerah perkotaan. Walau ada juga yang memfokuskan layanan pada daerah yang relatif terpencil.

Paket TV kabel dan Internet

Kita sudah mengetahui akan fungsi dari keduanya. Saat ini kedua teknologi ini sangat dibutuhkan oleh masing-masing individu. Dari mulai beraktivitas hingga untuk hiburan kita akan selalu menggunakan koneksi paket internet dan TV kabel. Paket TV kabel dan internet biasanya akan lebih murah dibandingkan kita beli terpisah. Yang perlu kita ketahui bahwa penggunaan TV kabel tidak akan mengurangi speed dari internet jika berlangganan internet satu ISP.

Kecepatan paket yang diberikan oleh setiap ISP berbeda-beda. Ada yang dari 10 Mbps hingga 100 Mbps. Kita harus mengetahui berapa limit yang akan kita gunakan. Untuk keluarga yang banyak menggunakan untuk streaming bisa menggunakan kecepatan di atas 10 Mbps. Mengapa? Untuk menutup kemungkinan akan buffering. Tapi jika kita hanya menggunakan untuk media social, upload foto dan download foto 10 Mbps sudah cukup.

Tv kabel dan internet

Di Indonesia ini paket internet yang sudah cukup banyak digunakan, diantaranya :

Biznet

Biznet juga menyediakan layanan internet fiber yang ditawarkan bersama layanan TV kabel. Layanan Biznet di beberapa daerah memang berbeda. Dalam paket Biznet, pengguna akan mendapatkan akses layanan internet dengan kecepatan hingga 30 Mbps. Ada 41 kanal TV yang tersedia melalui layanan ini.Pengguna juga mendapatkan akses Biznet Wifi dan Biznet Video secara gratis. Sama seperti IndiHome, paket akan semakin mahal seiring dengan kecepatan dan jumlah kanal TV yang dipilih.

 Indihome

Produk layanan dari Telkom Group ini tak hanya menawarkan layanan internet saja, tapi merupakan layanan terpadu dalam satu paket bernama triple play. Layanan ini termasuk telepon rumah, internet, dan layanan televisi interaktif. Tak hanya itu, IndiHome juga menawarkan sejumlah layanan tambahan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

FirstMedia  

First Media hadir dengan layanan lengkap yang memberikan akses internet dan juga TV kabel. Dengan biaya yang disediakan, pelanggan akan mendapatkan akses internet dengan kecepatan hingga 12 Mbps ditambah TV kabel mencapai 38 kanal berkualitas HD.

Groovy Untuk Kita

Sesuai dengan nama brandnya “Groovy” yang selalu membawa kebahagiaan untuk kita. Groovy akan selalu memberikan paket yang bersahabat kepada pelanggan. Sama halnya dengan provider-provider yang lain Groovy memberikan paket TV kabel dan internet dengan kecepatan internet sesuai dengan kebutuhan. Provider internet untuk apartemen dan rumah Groovy akan hadir untuk kita.

Apa aja keuntungannya? Keuntungan cukup banyak dari kecepatan internet yang tanpa batas dan kuota tanpa batas juga akan diberikan. Dan Groovy memiliki layanan 24 jam selama 7 hari untuk pelanggan mereka. Paket internet dari 15 mbps hingga 100 mbps hadir untuk kita. Sesuai dengan kebutuhan itulah point utama yang akan menjadi pertimbangan provider Groovy.

Groovy Untuk kita

Paket TV kabel dan internet akan diberikan dengan harga yang bersahabat mulai dari Rp349.000. Kita akan bisa mendapatkan channel TV luar negeri dan Nasional sebanyak 45 channel. Dan memiliki jaringan koneksi internet di rumah kita. Sehingga aktivitas yang kita lakukan akan dimudahkan.  Semakin tinggi harga kita berlangganan maka keuntungan yang kita dapatkan sebagai pelanggan akan semakin tinggi. Dari mulai kecepatan internet hingga paket-paket diskon yang diberikan oleh Tim kami.

Groovy akan meyakinkan setiap pelanggannya bahwa paket TV kabel dan internet memiliki kualitas yang nomor satu. Groovy sendiri telah hadir di beberapa kota di JADETA ( Jakarta,Depok,Tangerang) dan Bandung. Wilayah-wilayah yang sudah banyak tercover oleh Groovy adalah wilayah perumahan dan apartemen-apartemen. Kami memang berfokus pada perumahan dan apartemen karena kami ingin menyebarkan kebahagiaan di dalam keluarga.


Groovy For Our Family !

Write A Comment