(Last Updated On: March 15, 2019)

Reformasi internet

Tahu nggak sih, dulu kalau kita SMSan suka disingkat-singkat supaya bayar SMS-nya lebih murah? Pernah kan ngerasain masa-masa itu? Nggak enak banget ya. Rasanya kayak kalian mau komunikasi sama orang jadi setengah-setengah gitu. Biar bayarnya nggak mahal. Huhuhu, sedih.

Pada saat itu, beberapa operator memberikan biaya SMS per karakter. Jadi, jika masyarakat mengirim SMS “btr lg sy jln” akan dihitung sebanyak 13 karakter. Biaya yang dikenakan sebesar 13 perak.

Hal itu tidak terlepas dari kondisi teknologi saat itu. Kemudian teknologi telekomunikasi berkembang. Mari kita lihat perkembangan teknologi telekomunikasi sebagai berikut:

Generasi pertama (1G)

Generasi pertama atau first generation (1G) adalah sebuah teknologi pertama yang dikeluarkan perusahaan tenologi telekomunikasi yang digunakan hanya untuk komunikasi via suara saja. Teknologi generasi pertama ini memiliki kapasitas yang terbatas. Alasannya karena teknologi ini masih memiliki banyak kekurangan. Namun, teknologi pertama ini sudah tidak digunakan lagi dan sudah digantikan dengan 2G, 3G, dan 4G.

Generasi kedua (2G)

Nah, teman-teman pernah nggak sih ngerasain era ketika jaringan telepon genggam masih hanya memiliki jaringan 2G? Seiring berjalannya waktu, jaringan telekomunikasi seluler mengalami perkembangan, di mana mobile phone bisa digunakan untuk berkomunikasi melalui suara dan teks. Beberapa produsen ponsel sudah mengembangkan jaringan 2G tersebut dengan mendukung adanya chatting tanpa berbayar seperti contohnya blackberry dengan blackberry messenger (BBM). BBM pada saat itu laku keras di pasaran karena mereka bisa melihat needs and wants target pasar. Sayangnya, meskipun BBM sudah hadir di pasaran, masyarakat  masih belum aware dengan keberadaan internet.

Generasi ketiga (3G)

Setelah itu, teknologi jaringan mulai memasuki 3G dan mulai meninggalkan 2G. Blackberry langsung mengeluarkan versi terbarunya dengan Blackberry Gemini 3G. Pada saat itu masyarakat mulai mengikuti perkembangan teknologi. Android pun mulai mengguncang masyarakat berupa perangkat lunak yang bertujuan untuk memajukan perteknologian. Tidak mau kalah, Iphone pun mulai menyusul dengan perangkat lunaknya bernama IOS.

Generasi keempat (4G)

Seiring kemajuan jaringan telekomunikasi, jaringan 4G mulai memasuki pasar. Masyarakat mulai mengetahui keberadaan 4G dan semakin banyak yang ingin memakai jaringan 4G tersebut. Tetapi nyatanya, jaringan 4G ini tidak semua masyarakat dapat menikmati sinyal 4G karena ada syarat untuk terhubung ke jaringan 4G.

Teknologi telekomunikasi akan segera mengalami peningkatan. Bahkan generasi kelima (5G) mulai direncanakan akan resmi rilis dalam waktu dekat ini. Generasi kelima ini disebut-sebut akan memiliki jaringan nirkabel dengan kecepatan mencapai 20 Gbps. Wow.

Paket Internet Operator

Melihat perkembangan jaringan telekomunikasi, operator-operator seluler juga selalu mengikuti perkembangan. Mereka memberikan paket internet bulanan yang bisa dinikmati masyarakat untuk mendukung pemakaian internet. Banyak promo penawaran terbaik yang diberikan masing-masing operator untuk paket internet bulanan, paket mingguan selama 7 hari, dan paket harian. Misalnya seperti paket internet XL selama 30 hari, paket internet Axis, paket internet Telkomsel, paket internet 3 tri, dan masih banyak lagi kartu perdana yang menyediakan paket kuota lainnya.

Tarif saat ini yang diberikan masing-masing operator relatif lebih murah. Cara daftarnya pun mudah dengan beli paket data dibandingkan dulu yang hanya menggunakan pulsa regular. Besarnya kuota internet yang diberikan itu menjadi alasan masyarakat untuk memakai paket internet bulanan. Dalam membeli paket internet bulanan, masyarakat bisa menyesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing. Soalnya, satu operator saja menyajikan paket-paket yang tersedia

Seperti misalnya dengan daftar paket internet kuota videomax, paket internet bulanan 4G unlimited, paket kuota 1 GB, paket kuota 4G, dan masih banyak lagi. Tidak lupa juga kita harus memperhatikan masa aktif yang diberikan. Biasanya ini berlaku untuk kartu perdana baru yang biasanya menyajikan kuota internet lebih besar dengan harga yang lebih murah.

Meningkatnya pengguna internet

Guys, nggak bisa dimungkiri lagi perkembangan internet saat ini sudah semakin meningkat dengan berbagai macam penggunanya. Tanpa mengenal batasan usia, profesi, bahkan penghasilan semua bisa menggunakan jaringan internet. Bahkan saat ini menurut laporan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pengguna internet di Indonesia sudah lebih dari 50 persen atau sekitar 143 juta pengguna. Wah…banyak banget kan.

Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi para penggunanya. Dengan internet masyarakat lebih bisa dimanjakan dengan berbagai layanannya. Misalnya aplikasi-aplikasi yang tersedia, seperti mobile banking yang membuat masyarakat tidak perlu lagi keluar rumah untuk transfer uang atau cek saldo. Kita juga bisa memesan makanan, angkutan umum, tiket (tiket pesawat, kereta, bus, dll), hotel, dan masih banyak hal lain yang bisa dilakukan dengan internet.

Pemakaian internet dengan hal positif

Dilihat dari meningkatnya pengguna internet, saat ini masyarakat sudah lebih bisa memilih menggunakan internet dengan aktivitas yang bermanfaat. Seperti contohnya sebagai berikut:

Online Learning

Saat ini tidak sedikit juga universitas yang menyediakan metode pembelajaran melalui online learning. Biasanya kampus-kampus yang menyediakan online learning digunakan untuk berkomunikasi mahasiswa dengan dosen di mana saja dan kapan saja. Teknologi ini juga cukup efektif untuk membantu proses pembelajaran murid melalui sarana yang telah disediakan. Tidak hanya itu, hasil pembelajaran juga bisa disimpan seperti database jadi murid bisa memanfaatkannya untuk mengulang kembali  materi yang sudah pernah dibahas.

Online Shop

Nah pasti temen-temen udah nggak asing dong denger kata “online shop”. Online shop saat ini sudah merajalela di kalangan per-internetan. Banyak masyarakat yang menggunakan online shop untuk belanja online. Ya, belanja online lebih praktis dilakukan untuk masyarakat zaman now. Bahkan untuk beberapa barang di online shop banyak dijual lebih murah dibandingkan beli langsung di store, entah kenapa bisa lebih murah tapi sepertinya karena penjual tidak harus membayar gedung, pegawai, dll makanya bisa dijual lebih murah di online shop.

Tidak hanya untuk belanja online, saat ini banyak masyarakat yang menggunakan online shop untuk mendapatkan penghasilan. Contohnya menjadi reseller, dropship, bahkan digunakan untuk menjual brand-nya sendiri. Dengan berjualan di online shop penjual tidak perlu lagi membayar sewa gedung, membayar pegawai, membayar listrik toko, dll. Jadi, dengan online shop dapat mengurangi pengeluaran penjual untuk memulai bisnis.

Memudahkan Bersosialisasi

Dengan teknologi yang disediakan, pengguna internet dapat memanfaatkannya untuk saling bertukar informasi atau bahkan memperbanyak teman dengan menggunakan berbagai email atau sarana yang melayani chatting lainnya.

Namun, untuk dapat menikmati berbagai macam aktivitas tersebut pengguna internet tidak cukup jika hanya memakai internet dari mobile phone. Karena beberapa aktivitas yang dilakukan tersebut membutuhkan kecepatan yang cepat dan stabil dan membutuhkan bandwidth yang besar untuk mengaksesnya.

Maka dari itu, pengguna internet saat ini membutuhkan internet rumah untuk melancarkan aktivitas per-internetan. Saat ini sudah banyak perusahaan penyedia layanan internet yaitu Internet Service Provider (ISP) yang menyajikan pernawaran-penawaran internet rumah. Berbagai paket internet bulanan diberikan dengan tarif yang beragam.

Penjelasan Internet Service Provider (ISP)

Internet Serivice Provider (ISP) adalah suatu layanan jasa yang menyediakan internet. Jaringan yang disediakan merupakan suatu media yang dapat mengalirkan data melalui gelombang radio ke perangkat komputer (laptop, PC, mobile phone) agar bisa terhubung dengan jalur internet. Tanpa adanya layanan penyedia jasa internet ini maka masyarakat tidak dapat mengakses koneksi internet melalui media apapun.

ISP menurut fungsi yaitu sebagai media yang dapat digunakan pengguna inter untuk melakukan bisnis online, media yang dapat pengguna internet gunakan untuk berkomunikasi melalui platform-platform yang telah di sediakan, sebagai media yang dapat berbagi lokasi ke sesame pengguna internet, sebagai media bertukar data melalui internet, dan masih banyak lagi.

ISP banyak digunakan untuk corporate, apartement, dan rumahan. Saat ini sudah banyak ISP atau penyedia jasa internet yang memberikan promo penawaran-penawaran dengan harga menarik agar pengguna internet tertarik. Biasanya ISP menerapkan biaya berlangganan secara bulanan. Tidak sedikit masyarakat rumahan juga membutuhkan jaringan internet untuk dirumahnya.

Keunggulan pemakaian internet di rumah

Dengan pemakaian internet di rumah, pengguna internet turut membantu meminimalisasi pengeluaran untuk membayar paket internet bulanan yang ada di mobile phone. Tidak hanya itu, dengan memakai internet di rumah pengguna internet juga mendapatkan kecepatan yang cepat dan stabil. Pemakaian internet di rumah juga bisa sharing dengan perangkat lainnya seperti laptop, PC, dan smartphone.

Bandwidth yang di dapat dengan berlangganan paket internet bulanan dirumah juga cukup tinggi di bandingkan dengan paket internet bulanan yang ada di mobile phone. Dengan memakai internet dirumah juga dapat membantu pengguna internet untuk mengembangkan bisnisnya atau untuk melakukan aktivitas tertentu. Bisa memanfaatkan waktu yang cukup dirumah sambal kerja by online, menonton layanan video on demand (VOD) seperti Netflix, Hooq, Viu, Tribe, dan lainnya.

Memilih paket internet bulanan di rumah

Dengan banyaknya penawaran paket-paket menarik yang diberikan banyak ISP, membuat pengguna internet lebih pintar untuk memilah paket mana yang tepat untuk digunakan sesuai kebutuhannya. Ada beberapa ISP menawarkan paket internet bulanan dengan harga tertentu dan kualitas teknologi yang kurang mendukung. Dalam memilih paket internet bulanan dirumah sebaiknya memenuhi beberapa kriteria seperti kecepatan transfer data yang sesuai dengan apa yang di promosikan, karena kecepatan yang  di terima terkadang tidak sesuai dengan apa yang di promosikan sales ISP tersebut.

Dengan memastikan kecepatan yang di terima, pengguna internet bisa melakukan percobaan speedtest.Selanjutnya dengan keamanan data. Kita perlu mengetahuinya apakah ISP yang kita pakai menjamin dengan keamanannya atau tidak. Pastikan kabel apa yang mereka gunakan, kabel koaksial atau fiber optic (FO). Karena banyak ISP yang klaim jika memiliki bandwidth yang tinggi sementara mereka hanya menggunakan kabel koaksial untuk menghubungkan kabel FO ke rumah user. Sementara bandwidth yang diberikan FO lebih besar dari kabel koaksial.

Biaya yang diberikan beberapa perusahaan ISP juga saat ini juga rata-rata masih melambung tinggi, pengguna internet juga merasakan bahwa harga yang diberikan belum worth it untuk mereka pakai dengan segala benefit yang diberikan perusahaan ISP. Jika suatu perusahaan ISP memberikan kualitas yang lebih baik, otomatis biaya paket internet bulanan yang patok juga pasti akan semakin tinggi.

Groovy, paket internet bulanan unlimited dibawah 300ribu/bulan

Saat ini banyak pengguna internet yang yang memerlukan harga paket internet bulanan yang cukup affordable. Karena harga paket WiFi yang berada di pasaran saat ini cukup tinggi namun kualitas yang di berikan tidak sebanding dengan harga yang di berikan. Dengan ini Groovy hadir dengan melihat dari keluh kesah pengguna internet saat ini. Maka dari itu Groovy memberikan berbagai macam pilihan paket yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna internet.

Groovy memberikan paket internet bulanan dibawah 300ribu/bulan yaitu mulai dengan 249ribu temen-temen sudah bisa menikmati 5GB/daily usage, unlimited speed, WiFi access point, include Tax, dan yang paling penting static IP Address yang memberikan keamanan lebih daripada ISP lain. Groovy juga memakai kabel Fiber Optic (FO) langsung sampai ke rumah customer yang membuat bandwidth yang diterima lebih tinggi. Sedangkan ISP lain, hanya memakai kabel Fiber Optic (FO) sampai ke server terdekat kemudian di sambungkan dengan kabel koaksial untuk sampai ke rumah customer.

Groovy juga menyediakan paket internet yang disertai dengan TV kabel, membuat pengguna Groovy bisa lebih hemat jika ingin sekaligus berlangganan internet dan TV kabel. Groovy juga memberikan jalur tersendiri untuk TV kabel, jadi tidak menggangu pemakaian TV kabel di rumah di saat internet sedang ada trouble. Hal tersebut dapat memberi kenyamanan untuk para pengguna Groovy.

Write A Comment