(Last Updated On: April 12, 2019)

Perkembangan ISP di Indonesia

Guys, sebelumnya ada yang tahu nggak sih ISP itu apa? Nih ya, buat yang belum tahu. ISP (Internet Service Provider) adalah suatu perusahaan yang memberikan layanan jasa penyedia internet. Pada awal kemunculannya ISP ini hanya menyediakan layanan koneksi internet dengan jaringan telepon. Yap, ISP pada zaman kemunculannya sering disebut-sebut jaringan telepon. Soalnya, dulu ISP muncul hanya menjual akses internet atau layanan internet melalui jaringan telelpon saja. Seperti contohnya saja dulu ada Telkomnet instan yang dilahirkan dari salah satu perusahaan telekomunikasi ternama pada zamannya yaitu Telkom.

Namun, semakin berkembangnya teknologi telekomunikasi ISP saat ini sudah bisa menggunakan jaringan memakai kabel Fiber Optic (FO) ataupun wireless. Saat ini Internet Service Provider (ISP) sudah semakin menjamur dengan berbagai macam perkembangannya membuat pengguna layanan internet juga merasa lebih mudah dan praktis. Melihat dari peningkatan perusahaan jasa layanan internet ini juga membuat masyarakat memiliki banyak pilihan untuk memilih ingin berlangganan dengan ISP yang mana. Tarif yang diberikan perusahaan ISP tersebut juga pasti beragam untuk berlangganan perbulannya. Benefit yang diberikan juga berbeda-beda. Pastikan kalian memilih sesuai kebutuhan kalian ya. Jangan mau kemakan omongan marketing guys!

Nama-nama ISP besar yang ada di Indonesia

Tidak seperti pada awal mula kemunculan ISP, saat ini sudah banyak Internet Service Provider (ISP) yang turut ikut terjun di dunia teknologi telekomunikasi. Tidak tanggung-tanggung saat ini pun mereka menjadi perusahaan ISP besar di Indonesia. Mau tahu perusahaan ISP apa saja yang ada di Indonesia?

Nama-nama ISP besar yang ada di Indonesia:

IndiHome

First Media

Groovy

MNC Play

My Republic

Nah itu dia guys daftar nama-nama ISP besar yang ada di Indonesia. Siapa tahu dengan adanya daftar nama perusahaan di atas bisa membantu kalian untuk menentukan ingin memakai ISP yang mana gitu ya kan..

Dampak meningkatnya ISP

Nah, tanpa disadari juga terlihat dari peningkatan ISP yang ada di pasaran saat ini berdampak pada pengguna internet yang saat ini pun juga menjamur. Meningkatnya penggunaan internet yang berpengaruh pada peningkatan pemakaian ISP ini juga berdampak positif bagi para perusahaan ISP di Indonesia. Dalam hal tersebut dapat menjadikan perusahaan ISP meningkat pesat di pasaran saat ini. Meningkatnya pengguna layanan internet pun memberikan dampak positif untuk memajukan dunia perekonomian di Indonesia ini.

Bisa dilihat saat ini sangat banyak penjual online atau bisa dikatakan pebisnis yang berjualan menggunakan teknologi jaringan internet itu sendiri. Melihat hal tersebut bisa kita artikan bahwa ekonomi digital saat ini atau e-commerce sangat meningkat itu berkat meningkatnya penggunaan layanan internet saat ini. Masyarakat Indonesia dapat membuat inovasi-inovasi kreatif dari penggunaan layanan internet tersebut. Which is ini sangat baik untuk perkembangan perekonomian di Indonesia. Gokil!

Tips memilih ISP yang tepat

Dengan meningkatnya perusahaan ISP (Internet Service Provider) saat ini di pasaran membuat masing-masing perusahaan ISP memberikan berbagai penawaran menarik dengan tarif yang beragam. Tapi jangan lupa guys.. pilihlah ISP sesuai dengan kebutuhan kalian dan pastikan benefit apa saja yang diberikan peusahaan ISP tersebut. Nah, pastinya kalian penasaran dong bagaimana sih memilih ISP yang tepat? Gini nih.. simak ya!

Yang pertama, carilah informasi provider yang sudah meng-cover wilayah tempat tinggal kalian. Karena biasanya ISP hanya ter-cover di wilayah-wilayah tertentu saja.

Kedua, memahami fitur apa saja yang di berikan provider yang sudah kalian research. Pahami equipment apa saja yang mereka pakai, apakah make sense dengan penawaran yang mereka berikan.

Ketiga, sesuaikan paket yang ada dengan kebutuhan kalian. Jangan sampai kalian berlangganan dengan paket ISP yang tidak sesuai dengan kebutuhan kalian karena akan membuang-buang biaya yang sudah teman-teman keluarkan. Hehehehe…

Nah, dengan kita mengikuti tips untuk memilih ISP dengan tepat dapat memberikan kemudahan bagi kalian yang sedang ingin berlangganan internet untuk dirumah.

Groovy for the rescue

Melihat dari kendala yang dirasakan pengguna layanan Internet Service Provider (ISP) diatas, Groovy hadir untuk memberikan solusi dari kendala yang ada. Maka dari itu Groovy memberikan layanan yang tebaik untuk Groovynation. Seperti untuk Fiber Optic (FO), memang semua ISP saat ini sudah memakai Fiber Optic (FO) namun rata-rata ISP lain hanya memakai kabel FO pada server terdekat dan disambung dengan kabel koaksial untuk samai ke rumah user.

Sementara Groovy memakai kabel FO langsung sampai ke rumah user agar bandwidth yang diterima bisa lebih besar dan sesuai dengan apa yang diromosikan. Sedangkan jika mereka tidak memakai kabel FO sampai ke rumah user mereka hanya mendapatkan bandwidth yang terbatas, jadi bandwidth yang diterima berbeda dengan apa yang dipromosikan. Hmm….

Groovy juga menyediakan berbagai macam paket-paket yang dapat disesuaikan kebutuhan masyarakat Indonesia. Salah satunya ada Unlimited Speed, yang menyediakan kecepatan layanan internet tanpa batas.

Write A Comment