(Last Updated On: December 5, 2019)

OOOHALOOO!!! Sudah lama tidak berjumpaa.. akhir akhir ini lagi sibuk apasih kalian sampai lupa ngunjungin blog

GROOVY? Padahal banyak banget artikel artikel yang semakin hari semakin menarik untuk dibaca loh dan tentunya topik artikel sekarang ini ga jauh jauh dari hobby kalian atau bisa hobby semua orang juga. Apasih ituu?

Kali ini aku mau ngebahas tentang yang lagi hitz dan booming banget di jaman sekarang.

Games. Ya. games jaman sekarang yang kekinian di jaman sekarang itu apasih? Dan kenapa anak anak di jaman sekarang banyak yang main games menggunakan gadget ketimbang main games beramai ramai sampai lupa waktu pulang, ngerti kan? Games seperti jaman dulu ituloh, ya bisa dibilang Games Tradisional? Atau permainan tradisional?

Disini gue mau tanya, game online apasih yang sering kalian mainkan? Apakah Mobile Legend? PUBG? Garena AOV? COC? Atau yang lain?

Dan bagaimana sih penggunaan internet dalam Game online ini?

Transfer data dalam Game online, Besarkah?

Hal yang mau aku jelasin mungkin akan bisa membuat kalian terkejut. Sebut game-game dengan nama besar seperti Counter Strike: Global Offensive, Playerunknown’s Battleground, hingga misalnya Battlefield online.

Seluruh contoh game yang aku sebutkan di atas merupakan game dengan kualitas grafik maupun kualitas suara yang tinggi dan renyah. Atau sebut saja misalnya Grand Theft Auto V yang terkenal dengan salah satu game terbaik di zaman ini.

Ternyata dengan seluruh spek game yang tinggi, tidak membuatnya boros akan kuota internetmu! Jika kamu melakukan streaming video 4K selama 1 jam, kamu akan memakan 7 GB kuota mu, dan 125 MB jika kamu mendengarkan audio HQ selama 1 jam.

Sementara kalau kalian bermain game online, kamu hanya memakai sekitar 10 MB hingga 250 MB saja per jam! Intinya semakin banyak jumlah pemain yang bermain bersama kamu, maka akan semakin besar kuota yang kamu gunakan.

Mengunduh game?

Nah mungkin kamu baru tahu bukan? Ternyata dibandingkan beberapa entertainment lainnya yang bisa kamu nikmati di internet, penggunaan internet dalam game online jauh lebih sedikit. Tapi ada hal lain terkait penggunaan internet dalam game online yang ternyata benar-benar memakan kuota. Apakah itu?

Sebut saja misalnya The Witcher III yang memakan 45 GB kuota mu, atau Watch Dogs 2 yang berukuran 50 GB, hingga GTA V yang berukuran 70 GB dan Call of Duty Infinite Warfare yang berukuran 70 GB!

Dengan melihat besarnya ukuran game-game ini, kami tidak menyarankan kamu untuk melakukan pengunduhan menggunakan internet ponsel kamu ya! Karena jelas-jelas kapasitas ini jauh di atas kuota yang disediakan provider telekomunikasi saat ini.

Bagaimana dengan DLC?

Nah inilah sebenarnya bagian yang ambil andil paling besar dalam penggunaan internet di Game. Seringkali DLC justru memiliki besaran yang jauh lebih tinggi dari game itu sendiri saat pertama kali kamu beli. Sebut aja salah satu yang paling terkenal yakni Minecraft, yang menurut beberapa orang di dalam forum game pernah melihat map yang berukuran lebih dari 1 TB!

Jika itu terlalu ekstrim, maka kamu bisa melihat Gears of War 4 yang membengkak ukurannya menjadi 350 GB setelah DLC nya diunduh. Nah jadi inilah sebenarnya hal yang paling memakan banyak kuota internetmu. Kami amat menyarankan bagi kamu yang rutin bermain game sambil terkoneksi ke internet menggunakan layanan internet dengan data dasar unlimited sehingga tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Nah, bagaimana sih cara menurunkan kuota penggunaan internet dalam game online?

Kalau kamu merupakan seseorang yang memiliki kemampuan terbatas terkait ketersediaan kuota, ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan, atau lebih tepatnya mengendalikan kuota penggunaan internet dalam game online.

Langkah pertama tentu saja turunkan kualitas dari game yang kamu mainkan. Cara termudah adalah dengan menurunkan resolusi game yang kamu mainkan. Kemudian turunkan kualitas render dan resolusi tekstur game yang kamu mainkan.

Jika kamu masih mau menghemat penggunaan kuota mu, maka kamu bisa ke website https://groovy.id/#packages untuk berlangganan paket gamer level 3 yang gak kalah murahnya dengan provider lain!!! ada unlimited speed, dan unlimited data!! Kamu tinggal pilih yang sesuai dengan keinginan kamu.

Write A Comment