(Last Updated On: March 8, 2019)

Apakah kamu kamu membutuhkan akses internet tercepat di indonesia dengan koneksi internet 4G LTE? Sekarang kamu tidak perlu khawatir karena semua device sudah mendukung operator dengan kecepatan 4G sampai 4.5G. Kamu bisa menggunakan operator dengan akses internet tercepat di Indonesia. Internet tercepat di Indonesia didukung dengan jaringan 4G. Apakah kamu penasaran dengan akses internet tercepat di Indonesia ?

Akses internet tercepat di Indonesia didukung jaringan internet 4G. 4G adalah pengembangan dari generasi 3G sehingga kamu dapat mengakses internet dengan lebih cepat. Sekarang ini perkembangan jaringan 4G sudah menyebar di berbagai daerah di Indonesia. Kehadiran jaringan 4G di kota-kota besar dan kabupaten membuat kamu makin leluasa mengakses internet.

Kualitas Jaringan Operator di Indonesia

Pasti kamu penasaran kan operator seluler apa yang paling cepat memberikan akses internet? Terutama untuk download dan upload. Platform penghitung kualitas koneksi internet, nPerf, belum lama ini mengeluarkan hasil laporan analisisnya terhadap kualitas jaringan internet yang disediakan operator di indonesia. nPerf melakukan uji coba kepada beberapa operator seperti Telkomsel, XL Axiata, Smartfren, Bolt, Indosat ooredoo, dan Tri.

Di antara semua operator tersebut, Smartfren menempati posisi pertama untuk internet tercepat di Indonesia. Smartfren memiliki kecepatan download tertinggi dibandingkan dengan kompetitor lainnya, yakini sebesar 13,94Mbps untuk jaringan 2G/3G/4G.

Kecepatan operator internet di indonesia

Kecepatan download untuk jaringan 2G/3G/4G dipimpin oleh operator Smartfren dengan kecepatan rata-rata 13,94 Mbps. Kemudian diikuti dengan operator Telkomsel dan XL Axiata dengan masing-masing kecepatan download sebesar 6,27 Mbps  dan 5,41 Mbps untuk posisi ke-2 dan 3. Kemudian Indosat Ooredoo di peringkat berikutnya  dengan kecepatan 2,82 Mbps. Dilanjutkan oleh Tri dengan kecepatan 2,75 Mbps untuk kecepatan download di Indonesia. Semua operator di Indonesia tersebut sudah memiliki koneksi 4G.

Kecepatan upload menunjukkan keadaan yang berbalik. Telkomsel memimpin dengan kecepatan 4,41 Mbps. Kemudian baru diikuti oleh Smartfren dan XL Axiata dengan kecepatan upload masing-masing 4,21 Mbps dan 3,41 mbps. Lalu operator lainnya seperti Tri dengan 2,83 Mbps dan Indosat Ooredoo dengan 2,33 Mbps.

Smartfren memberikan kecepatan internet super cepat yang untuk kecepatan download. Namun, Smartfren tidak mampu menjaga performa jaringannya dalam hal streaming dan browsing. XL Axiata dan Telkomsel lebih unggul dalam hal tersebut. Itu adalah hasil analisis yang diberikan nPref terhadap operator di Indonesia.

Dari laporan tersebut dapat dilihat operator mana yang memanjakan konsumennya dengan kemampuan kecepatan internet yang dimiliki oleh operator teserbut. Nahh, apa kamu merasa dimanjakan dengan operator yang kamu gunakan sekarang? Operator yang mana nih yang memberikan kecepatan internet super cepat atau yang memberikan akses internet secara stabil?

Perbedaan Mbps dan MBps untuk layanan internet

Apakah kamu sering membaca syarat dan ketentuan yang diberikan operator internet kepada para konsumennya? Ternyata kamu harus memperhatikan hal tersebut loh. Kamu dapat mengetahui berapa nanti kecepatan internet yang dapat kamu nikmati. Jika kamu asal memilih operator internet, nanti kamu malah kesal dan jengkel sendiri. Internet yang kamu nikmati lemot dan bisa-bisa kamu sampai tidak bisa mengakses sesuatu sangking lemotnya. Kamu pun jadi merasa bingung kenapa akses internet yang kamu nikmati tidak sesuai dengan iklan yang kamu tonton.

Apakah kamu pernah mengalami kesal sendiri ketika mendapati kecepatan internet kamu tidak seperti yang kamu harapkan di iklan. Kenapa bisa begitu ya? Mungkin kamu belum mengetahui perbedaan Mbps dengan MBps.

Saat diberikan pilihan antara kecepatan internet up to 3,1 Mbps dengan 387,5 KBps, mana yang kira-kira kamu bakal pilih? Ternyata keduanya memiliki kecepatan yang sama loh. Kamu baru tahu kan?

Jadi Mbps itu adalah kepanjangan dari Mega Bit Per Second sedangkan MBps adalah Mega Byte Per Second. Jadi meski terlihat serupa tapi nilai yang diberikan tak sama loh. Ini bisa jadi salah satu yang menyebabkan kamu kesal dan marah-marah bila internet kamu lemot.

Contohnya pada saat kamu membeli paket internet yang menawarkan kecepatan download yang bisa kamu nikmati up to 185 Mbps. Itu artinya saat download kamu tidak mencapai kecepatan segitu loh. Tapi : 185Mbps = 185000kbps. Ini sama artinya dengan 185000/8 = 23.125 KBps atau sekitar 23 MBps. Jadi file yang kamu download kecepatan per detiknya 23MB bukan 185 MB per detik.

Kenapa iklan yang sering kita lihat lebih sering menunjukan angka 185 Mbps dibandingkan 23 MBps? Padahal kecepatan yang diberikan sama. Ternyata dengan angka 185 Mbps akan membuat kamu lebih tertarik untuk membeli paket tersebut dari pada dengan angka 23 MBps. Angka 185 Mbps terlihat lebih cepat bukan?

Internet cepat dengan Groovy

Jika kamu tidak suka dengan kendala masalah internet nih terutama masalah kecepatan internet. Groovy bisa jadi solusinya. Dengan groovy kamu bisa mengakses internet super cepat tanpa adanya hambatan loh. Apa lagi groovy punya fitur unlimited speed tanpa adanya batasan speed. Kamu bisa ngebut saat sedang berselancar di dunia maya. Dengan menggunakan internet rumah atau akses Wifi dari Groovy kamu bisa lebih hemat loh untuk menghemat kuota cellular kamu.

Apa itu internet unlimited speed groovy? Jadi kamu tidak diberikan batasan speed untuk upload dan download kamu. Kamu bisa langsung ngebut jika menggunakan groovy. Kecepatan internet kamu tergantung kemampuan device kamu masing-masing. Groovy sudah menyediakan kecepatan yang Unlimeted loh. Dengan berlangganan paket unlimited speed yang harganya mulai dari 249 ribu saja, kamu bisa langsung merasakan kecepatan unlimited. Jadi kamu tidak perlu khawatir kalau internet kamu lemot. Groovy anti lemot-lemot club.

Pertimbangan yang dilakukan milenial untuk kartu provider

Untuk kamu yang bigung mau memilih kartu provider apa, ada beberapa pertimbangan nih yang bisa kamu gunakan:

Pertama: operator selular tersebut punya banyak benefit untuk kamu. Pasti kamu suka jika operator yang kamu gunakan punya banyak benefit untuk diri kamu. Sepertinya adanya bonus kuota atau bonus telepon dan sms setiap kamu melakukan isi ulang

Kedua: masa aktif yang panjang. Dengan adanya peraturan dari pemnrintah kamu nggak bisa nih gonta-ganti kartu provider dengan sembarangn. Enaknya kamu punya satu kartu provider yang punya masa aktif panjang. Sehingga kamu nggak harus rajin isi ulang. Kartu provider kamu nggak bakal hangus dengan mengisi paket data.

Ketiga: bisa digunakan untuk melakukan pembayaran. Dengan menggunakan provider tertentu banyak yang menawarkan pembayaran dengan pulsa. Ini sangat mempermudah kamu jika kamu ingin melakukan upgrade ke account premium untuk layanan streaming music atau video. Apalagi kalau kamu suka membeli voucher game dengan pembayaran pulsa.

Keempat: isi ulangnya nggak ribet. Ada beberapa provider yang menghadirkan layanan ini jadi kamu bisa melakukan isi ulang dengan nggak ribet. Kamu bisa melakukan isi ulang dengan fitur-fitur pembelian lewat ATM , M-banking, supermarket, dan Apps dari provider internet itu langsung.

Pertimbangan-pertimbangan tersebut bisa kamu gunakan untuk memilih kartu provider internet sesuai dengan kebutuhan kamu. Jadi layanan yang diberikan bisa sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Jangan sampai yang kamu butuhkan dari suatu provider internet tidak bisa kamu dapatkan dan malah membuat kamu kesal.

Write A Comment