(Last Updated On: March 8, 2019)

Internet Indonesia

Teman-teman pasti tahu internet dong? Siapa sih yang nggak tahu internet. Internet di Indonesia bahkan sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat. Kalian bahkan nggak perlu lagi tuh memesan makanan dengan harus pergi ke tempat penjual makanannya. Kalian juga nggak perlu lagi ke ATM untuk transfer uang dan surat-suratan untuk menghubungi orang. Dengan akses internet semua bisa dilakukan tanpa harus ke luar rumah.

Internet di dunia saat ini sudah berkembang pesat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Salah satunya internet Indonesia. Layanan internet di Indonesia rata-rata sudah mencakup ke beberapa wilayah. Ya, walaupun tidak semua wilayah sudah dilengkapi koneksi internet.

Lalu bagaimana sih gambaran kecepatan internet Indonesia? Nah, kecepatan rata-rata internet untuk saat ini di Indonesia:

Emang sih kecepatan internet di Indonesia bukan menjadi yang tercepat di dunia. Namun senggaknya, kita juga bukan jadi yang terlemot di dunia karena masih banyak negara-negara lain yang kecepatan internetnya masih di bawah Indonesia.

Internet Indonesia di mata millennials

Tahu nggak sih rata-rata pengguna internet Indonesia didominasi oleh generasi millennials? Ya iyalah ya, gimana nggak. Nah, menurut laporan survei dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), 54,86 persen masyarakat Indonesia menjadi pengguna internet dengan rincian sebagai berikut:

Terungkap sudah jika generasi millennials saat ini yang menjadi peringkat pertama di dunia perinternetan. Kira-kira generasi millennials sering menggunakan internet untuk apa saja sih? Biasanya sih generasi millennials paling sering menggunakan aplikasi chatting untuk bertukar pesan kepada orang lain, belanja online, memesan transportasi online, dan yang paling sering: social media. Hayoo, ngaku siapa di sini yang nggak punya social media?

Generasi millennials nggak mungkin nggak punya sosmed. Bahkan baru bangun tidur saja yang kalian buka pertama pasti Instagram. Ya nggak? Hahahaha. Social media yang namanya Instagram itu digunakan bukan sekadar untu mem-posting dan melihat status orang lain saja. Banyak informasi yang disajikan di sana. Ada juga yang memanfaatkannya dengan kegiatan positif lainnya dengan jualan online.

Tidak bisa dimungkiri saat ini sangat banyak generasi millennials yang sudah menghasilkan pendapatan sendiri dengan bisnis online yang digarapnya. Terutama dengan adanya e-commerce yang membuat segala sesuatunya lebih mudah baik untuk berjualan maupun membeli produk online. Pengaruh dari generasi millennials yang mengalami peningkatan dengan penggunaan internet setiap tahunnya, membuat semua kalangan mau tidak mau harus mengikuti pola kehidupan yang rata-rata sudah berbasis online.

Generasi millennials dengan internet rumahan

Dilihat dari aktivitas yang dilakukan generasi millennials (chatting, buka sosial media, belanja online, streaming, dll) maka nggak heran mereka sangat membutuhkan internet cepat dan murah. Apabila hanya menggunakan internet mobile, pasti jatuhnya akan sangat boros dan sudah pasti akan jauh dari kata “murah”. Belum lagi paket internet dari operator seluler hanya memiliki kecepatan rata-rata yang tidak lebih dari internet yang dipasang di rumah (wifi). Hal itu sangat mengganggu kaum millennials untuk berinternetan.

Apalagi jika kaum millennials yang mempunyai bisnis online pasti sangat akrab dengan internet, Harus memiliki sinyal yang bagus, tidak putus-putus, cepat, dan pastinya murah. Bagaimana mau melayani pembeli kalau internetnya putus-putus? Keburu pembelinya kabur deh.

Dengan menggunakan internet di rumah, hal itu sangat membantu kalian untuk bisa internetan dengan stabil. Tidak perlu memakan kuota internet mobile. Jadi bisa lebih irit deh. Selain itu, kalian bisa internetan sambil ngerjain tugas rumah, streaming Youtube lebih nyaman tanpa buffering, download sesuatu bisa lebih cepat dan banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan di rumah sambil internetan.

Keunggulan internet di rumah

Internet bagi generasi millennials saat ini menjadi hal yang paling penting sebagai kebutuhan dalam kehidupan. Mereka sangat paham betapa pentingnya kecepatan internet. Bila hanya mengandalkan internet pada mobile phone, kalian tidak bisa menyelesaikan semua aktivitas yang ingin dilakukan,

Contohnya untuk meng-upgrade suatu sistem, beberapa aplikasi menuntut kecepatan internet yang stabil dan bandwidth yang besar. Sedangkan bandwidth yang diberikan internet mobile tidak sebesar wifi yang kalian pasang di rumah. Maka dari itu, pemasangan internet di rumah berperan penting untuk membantu menghemat kuota pribadi dan sangat berguna bagi mereka yang mempunyai bisnis online.

Berikut keunggulan memasang internet di rumah:

Dengan satu router wifi bisa dipakai beberapa perangkat

Adanya wifi bisa menghemat pengeluaran untuk membayar internet. Dengan memasang satu router wifi di rumah, kalian bisa berbagi koneksi ke beberapa perangkat seperti handphone, laptop, dan sejenisnya.

Streaming film sepuasnya

Wifi memudahkan pelanggan untuk melakukan aktivitas online di rumah. Seperti misalnya menonton Video On Demand (VOD) atau film streaming. Kaum millennials tidak perlu lagi menggunakan kuota seluler. Dengan memakai wifi di rumah kalian tidak perlu lagi merasakan buffering dan bisa menghemat kuota.

Menjalankan bisnis  di rumah dengan Wifi

Bagi pebisnis, meningkatkan konsumen adalah hal yang penting untuk meningkatkan perkembangan bisnis mereka. Salah satu yang paling berpengaruh yaitu kestabilan internet dan kecepatan internet itu sendiri. Dengan memasang internet di rumah, kalian dapat memudahkan pebisnis untuk mengontrol pekerjaan mereka, sehingga memiliki peluang besar untuk meningkatkan konsumen mereka.

Saat ini banyak ISP yang menawarkan paket semenarik mungkin agar calon pembeli berlangganan dengannya tanpa tahu sistem apa yang ISP itu berikan.

Groovy menjadi solusi bagi kaum millennials

Generasi millennials membutuhkan internet yang bisa mereka gunakan di rumah untuk bisa mengakses suatu informasi, tugas, bahkan hiburan dengan stabil dan cepat. Terlihat bahwa kaum millennials lebih menguasai internet. Dengan itu Groovy menghadirkan berbagai paket sesuai dengan kebutuhan millennials.

Groovy memakai kabel FO (fiber optic) yang menyediakan kapasitas bandwidth lebih besar dan kecepatan download yang lebih cepat. Ditambah dengan pemakaian kabel FO langsung sampai ke rumah customer. Sedangkan untuk ISP lain hanya menggunakan kabel FO hanya sampai POP terdekat dan setelah itu di sambung dengan kabel koaksial untuk sampai ke user, sehingga membuat kecepatan yang diberikan terbatas.

Oh iya, semua paket yang diberikan Groovy sudah termasuk TV berlangganan. Hal itu bisa menjadi nilai plus tuh untuk kaum millennials yang butuh hiburan dan informasi. Jadi, Groovy sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan kaum millennials mengakses internet dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang stabil.

Write A Comment