(Last Updated On: April 5, 2019)

Berdasarkan data dari Nielsen TV Audience Measurement, masyarakat Indonesia merupakan penonton televisi yang cukup setia. Rata-rata waktu menonton mereka selama empat (4) jam setiap harinya. Di sisi lain, tak bisa dimungkiri kalau pengguna semakin aktif terhubung dengan internet dari berbagai perangkat yang dimiliki. Untuk itu,saya akan membahas tentang interactive TV channel yang bisa buat kamu nyaman menonton tv dengan terhubung ke internet. Ikutin terus ya!

Ada yang belum tahu tentang Interactive TV?

tv analog menjadi tv kabel
interactive tv channel

Secara singat, Interaktif TV itu yang menambahkan layanan data ke teknologi televisi tradisional, serta penggunaan baru seperti belanja online, perbankan, dan lainnya. TV interaktif ini contoh nyata tentang bagaimana teknologi informasi dapat diintegrasikan secara vertikal (ke dalam teknologi yang mapan dan struktur komersial). Bisa kalian cek provider terbaik untuk memasang interactive tv channel di sini

Kalau Interactive TV Channel itu apa sih??

interactive tv channel

Interaktif TV channel itu yang memberikan layanan berkualitas dan memberikan berbagai macam fitur yang dapat membuat kamu semakin betah di rumah. Nah sesi kali ini saya mau sharing sedikit tentang pengalaman saya yang sudah pernah pakai dan memberikan kamu solusi dengan mudah dan tepat untuk memilih channel interaktif..

Apa saja sih TV Kabel yang menggunakan Interactive TV Channel?

interactive TV channel

Indihome

TV interaktifnya dinamakan UseeTV. UseeTV ini memiliki banyak interactive channel seperti Local, General Entertainment, News, Religion, Kids, Movies, Knowledge, Music, Lifestyle, TV Series, dan Sport. Selain itu, UseeTV juga memiliki banyak fitur fitur yang tidak ada di penyedia layanan lainnya. Contohnya saja seperti Playback, Video Recorder, Pause&Rewind, TV on Demand, Music, Karaoke, dan Video&Demand. Lebih puasnya lagi, kamu dapat memilih channel premium pilihan sepuasnya.

Sekarang ini, Indihome menghadirkan sebuah perangkat yang berfungsi untuk memberikan dua jenis layanan sekaligus yaitu layanan IPTV dan layanan OTT. Kita dapat mengakses berbagai tayangan UseeTV dan layanan OTT Video Streaming serta browsing internet.

Perangkat ini disebut Hybrid Box, berbasis Android dapat mengubah pesawat TV biasa Anda menjadi Smart TV. Dengan Hybrid Box IndiHome, kamu bisa internetan langsung di TV kamu, sehingga browsing, streaming video dengan kualitas HD dan 4K, dan menggunakan aplikasi dapat dilakukan dengan mudah dari layar televisi Anda. 

Ketersediaan channel-channel saja tidak cukup tapi cara mendapatkan dan menikmati channel-channel tersebut juga perlu diperhatikan. IndiHome telah menyediakan cara praktis untuk memilih tambahan channel di UseeTV. Fitur ini dapat digunakan melalui set top box (STB) Hybrid maupun Non Hybrid.

MNCplay

Ini adalah Interactive Tv Channel yang saya pakai, TV Kabel Berlangganan MNC Play tidak seperti TV Kabel Berlangganan biasa dengan kemampuan interaktif karena mampu mentransfer data secara dua arah. MNC Play menghadirkan lebih dari 170 channel loohh dengan kualitas HD. MNCplay juga menawarkan fitur-fitur terbaik seperti TV on Demand (TVoD), Time Shift TV (TSTV) dan Network Personal Video Recording (NPVR).

Berikut adalah fitur fitur dan kegunaannya:

TV on Demand ini berguna untuk menimati tayangan TV favorit kapan pun sesuai dengan waktu yang kamu miliki bahkan untuk tayangan yang sudah terlewatkan sampai dengan 7 hari ke belakang.

Timeshift ini berguna untuk menyediakan fungsi Pause, Play dan Rewind. Kamu tidak akan ketinggalan segala momen-momen penting dari acara favorit kamu walaupun harus melakukan kegiatan lain pada waktu yang bersamaan.

HD Channels yang berguna untuk menghadirkan tayangan High Definition dengan format 1080i (setara dengan format BluRay). Kamu akan merasakan pengalaman menonton dalam theater dengan kenyamanan ruang keluarga.

Video on Demand ini mempunyai beragam koleksi film dan tayangan favorit yang dapat kamu pilih dan saksikan sesuai dengan keinginan, seakan memiliki bioskop pribadi dirumah lohh.

MNC Play Plus ini melalui mobile application MNC Now, kamu bisa menyaksikan berbagai saluran favorit dimana pun dan kapan pun lewat gawai secara GRATIS. Pokoknya, sesuai dengan paket yang diambil. Terdapat pula ribuan film dari berbagai macam genre untuk semua anggota keluarga.

Parental Lock ini fitur yang memberikan rasa aman bagi orang tua dengan cara memproteksi tayangan yang dirasa tidak sesuai untuk anak-anak menggunakan password.

Android STB ini Set Top Box (STB) MNC Play membuat TV kamu menjadi lebih ‘pintar’. Menggunakan sistem operasi berbasis android, memberikan pengalaman terbaik dalam menikmati berbagai macam layanan interaktif dan atraktif.

My Republic

Begitu juga dengan My Republic yang menghadirkan 59 saluran dari local maupun mancanegara. Dan memiliki banyak interaktif tv channel dengan lengkap, mulai dari Entertainment, Kids, Knowledge, Lifestyle, Movies, News, Sports, Variety, Local.

First Media

Firstmedia mencoba melebur keduanya dengan menghadirkan bundling set-top-box “Smart Box” melalui paket X1 Combo Packs. Pihak First Media menyebutkan layanan ini tidak hanya menawarkan akses kepada kanal TV linier saja. Namun juga fitur-fitur seperti Video On Demand (VOD), Catch-Up TV dan Personal Video Recorder (PVR), kemampuan untuk merekam acara TV secara berseri dan dapat merekam acara di satu kanal bersamaan dengan menonton acara di kanal yang lain.

Smart Box terbaru ini hadir dengan interaktivitas dua arah dan kapabilitas aplikasi Android dan iOS. Pelanggan bisa menonton siaran TV baik secara online dari komputer laptop serta dari smartphone. Semua dari menu penghubung yang sama sesuai dengan paket berlangganan yang dipilih. X1 Combo HD Packs hadir dengan tiga pilihan dengan internet berkecepatan 12Mbps, 25Mbps dan 50Mbps.

Gimana sih perkembangan Interaktif TV Channel yang semakin banyak saingan ini?

Perusahaan digital e-commerce tak ada henti hentinya berekspansi menghadirkan fitur dan bisnis baru. Yang paling anyar, para raksasa industri digital Indonesia mulai berlomba-lomba menggarap dan menghadirkan layanan film atau video on demand (VoD) di lapaknya masing-masing.

Raksasa industri digital berlomba-lomba menghadirkan interaktif tv channel dengan layanan video on demand (VoD). VoD adalah sistem televisi interaktif yang memfasilitasi khalayak untuk mengontrol atau memilih sendiri pilihan program video dan klip yang ingin ditonton. Fungsi VoD seperti layaknya video rental, dengan pelanggan dapat memilih program atau tontonan ketika yang ingin ditayangkan. Maka dari itu, interaktif tv semakin berkembang dengan adanya peluncuran video on demand yang pertumbuhannya pertahun melebihi kenaikan penonton bioskop.

Write A Comment