(Last Updated On: December 27, 2019)

Banyak masyarakat yang masih menganggap belanja di online shop sangat mudah dan praktis, Mulai dari prosesnya yang cepat, hingga proses pembayaran cash-less yang super mudah.

Habit manusia modern yang setiap membutuhkan sesuatu sekarang sangat dimudahkan oleh google, marketplace, social media, dan pembelian melalui online.

Meski begitu, tidak sedikit pembeli online yang kemudian merasa tertipu oleh oknum toko online yang tidak bertanggungjawab. Modusnya dan tingkat kerugian yang dialami korban pun beragam. Mulai dari puluhan ribu, ratusan ribu, dan bahkan puluhan juta rupiah dari aktifitas belanja online!

Untuk mencegah penipuan belanja online, ini dia tips yang paling penting untuk kalian, jangan mau jadi korban..

Jangan Mudah Tergiur dengan Harga Murah

Bila Anda menemui harga yang tidak masuk akal, cobalah untuk membandingkan dengan toko online lainnya. Apakah ada toko online kredibel yang menjual dengan harga yang nyaris sama dengan harga yang ditawarkan seller?

Menyimak Bukti Pembayaran Dengan Baik

Setiap kali Anda melakukan transaksi di sebuah toko online, sebaiknya simpak bukti transfer atau bukti pembayaran dengan baik sampai transaksi Anda selesai. Tujuannya adalah sebagai alat bukti bahwa Anda sudah melakukan pembayaran jika sewaktu- waktu penjual memintanya. Biasanya ini diperlukan jika si seller menerima banyak orderan sekaligus sehingga membutuhkan waktu untuk memverfikasi pembayaran Anda.

Jangan Tertipu Copywriting

Eitsss… copywriting sebenarnya dibuat dengan tujuan baik. Namun tidak sedikit oknum pebisnis online yang menggunakan copywriting untuk menjerat mangsanya. Maka dari itu, sebelum Anda percaya pada copywriting iklan, cobalah untuk mencari review produk tersebut terlebih dulu dan pastikan Anda tidak sedang ditipu oleh penual online.

Jangan Mudah Tertipu Dengan Testimoni

Smartphone

Percayalah, semua hal itu bisa direkayasa! Termasuk testimoni salah satunya. Testimoni yang ada di toko online memang seringkali merupakan fake review dari si pembuat toko online tersebut. Testimoni palsu biasanya dapat diketahui dengan ciri- ciri : ulasan yang berlebihan dan nyaris tidak masuk akal serta gaya bahasa antara testimoni yang satu dengan yang lain mirip . Testimoni dari artis? Bisa jadi ini hanya bagian dari teks endorsement, hehe…

COD (Cash on Delivery) Jika Memungkinkan

Jika transaksi masih terjadi dalam satu kota yang sama dan penjual tidak mau menggunakan sistem rekening bersama, Anda bisa meminta untuk membeli barang dengan opsi COD. Tujuan dari COD ini adalah agar kita bisa melihat dan mengecek langsung barang yang ingin kita beli.

Selalu Minta Nomer Resi Pengiriman

Jika Anda melakukan jual beli online, maka resi pengiriman adalah satu hal yang wajib untuk Anda minta. Dengan memegang nomer resi pengiriman, Anda dapat mengecek progress pengiriman barang jika dirasa barang tidak sampai- sampai atau terjadi keanehan.

Write A Comment