(Last Updated On: March 29, 2019)

Banyaknya TV kabel yang bermunculan di Indonesia membuat persaingan semakin panas. Ini yang menyebabkan para konsumen ysemakin bingung untuk memilih berlangganan TV kabel darimana. TV kabel berbeda dengan TV berlangganan biasa, karena TV berlangganan menggunakan alat pangangkat siaran (receiver) yang dipancarkan melalui satelit.

Sementara TV kabel disalurkan melalui jaringan kabel. Kemiripannya sama sama diharuskan membayar biaya langganan yang besarnya ditentukan masing masing pengelola.

Apa aja sih peralatan yang dibutuhkan untuk memasang TV kabel?

cara menyambungkan wifi ke tv

Yang pertama ada RECEIVER. Fungsi receiver adalah untuk memilah dan memilih frekuensi siaran TV yang ditangkap oleh antena parabola yang kemudian sinyal tersebut diubah menjadi sinyal audio video. Jumlah receiver yang digunakan tergantung berapa banyak channel yang kamu mau buat. Misalnya 10 channel yang kamu inginkan maka harus ada 10 receiver yang kamu siapkan.

Berikut macam macam Receiver yang bisa kamu kamu temui di pasaran:

1.Receiver Manhattan 8800pvr  Mpeg 2

2.Receiver Skynindo Hd 77

3.Receiver Skynindo HD800

4.Receiver Telkomvision Mpeg-4

5.Receiver Matrik Pro Link HD Ethernet New

6.Receiver Matrik Garuda

7.Receeiver Matrik Starlink V HD Ethernet

8.Receiver Get Me HD 5

MODULATOR

Modulator adalah sebuah modulasi yang diaplikasikan untuk mengubah sinyal audio video dari receiver satelit menjadi sinyal RF. Dalam pengaturan alokasi frekuensi dari siaran, modulator yang memegang peranan penting. Di samping itu pada modulator ini kita dapat menguatkan atau melemahkan sinyal audio maupun video sesuai dengan keinginan akan kekuatan sinyal RF yang kita harapkan.

AMPLIFIER

Kebanyakan dalam sistem distribusi CATV, amplifier dipasang dengan sistem series pada jalur kabel yang terpasang. Pemasangan ini harus terukur dengan tepat, kalau tidak akan timbul noise pada sistem distribusinya. Seperti telah dijelaskan pada gambaran tentang kabel, setiap kabel yang terpasang akan mempunyai tingkat losses, nah untuk menaikkan kembali kuat sinyal diperlukan adanya amplifier.

POWER SUPPLY

Power supply adalah suatu perangkat keras pada komputer yang bertugas mengalirkan arus listrik untuk komponen/hardware pada komputer dengan arus DC (arus searah). Bentuknya kotak dengan kabel-kabel yang menjulur keluar dengan di ujung kabelnya terdapat konektor dan biasanya terletak pada belakang casing komputer.

SPLITTER

Splitter ini fungsi sesungguhnya adalah untuk menghindari gangguan pada saat pengguna dalam mengakses internet menggunakan modem jenis ADSL. Jadi ketika pengguna sedang mengakses internet dan tiba-tiba ada telepon masuk atau sedang ingin menggunakan telepon tidak akan mengganggu aktivitas atau koneksi internet.

COMBINER

Perangkat yang mengambil dua sinyal dan menempatkan mereka pada kabel tunggal tanpa “terjemahan.” Menggunakan kombinasi adalah seperti menuangkan dua cairan ke dalam gelas yang sama. Semua campur aduk. Jika pencampuran tidak benar combiner dapat menciptakan masalah. Seperti jika mencampur jus semangka dan jus cabe. Sebuah combiner hanya mengambil semua sinyal dan mencampur mereka bersama-sama. Combiner hanya dipergunakan untuk keperluan tertentu saja. 

Biaya Peralatan TV Kabel yang Akan Kamu Butuhkan

Biaya Investasi dan Peralatan yang diperlukan :
Modulator 7 unit Rp1.500.000
Reciver khusus 15 unit Rp700.000
Reciver umum 10 unit Rp500.000
Converter tv 4 buah Rp200.000
Power supply 2 buah Rp1.000.000
Spliter indoor 2way 50 buah Rp500.000
Spliter out door 10 buah Rp150.000
Rf adaftor fitru 100 biji Rp20.000
Spliter indoor 4 way 20 buah Rp10.000
Antena Parabola 3 unit Rp700.000
Jack antena 300 biji Rp200.000
Conector rg 6 – 500 biji Rp100.000
Db tes 2 buah Rp1.500.000

Antena Parabola 3 unit Rp700.000
Jack antena 300 biji Rp200.000
Conector rg 6 – 500 biji Rp100.000
Db tes 2 buah Rp1.500.000

Apakah harga di atas sebanding dengan kualitas dan spesifikasinya?

Berdasarkan harga-harga di atas yang bisa kita lihat, menurut saya harga tersebut sudah sebanding dengan peralatan yang kalian butuhkan. Mulai dari modulator sampai db tes, peralatan dan harganya juga sebading dengan kualitas dan spesifikasi yang dimiliki. Bisa kalian lihat review review customer tentang pembelian peralatan yang sesuai dengan kualitas serta spesifikasinya yang meyakinkan.

Write A Comment