Site Loader

Bikin Keluarga Betah Di Rumah

Nikmati kenyaman Internet lancar di rumah dan tayangan TV Channel berkualitas.

Internet Fiber Optik Jakarta dan Bandung.

Groovy adalah paket internet rumah murah unlimited dilengkapi pilihan tv cable menggunakan jaringan fiber optik di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bandung.

previous arrow
next arrow
Slider
tournament game
(Last Updated On: March 29, 2019)

Bagi seorang gamer, mencari layanan internet yang cepat dan stabil sangatlah sulit. Dngan artikel ini, saya ingin membagikan info paket internet untuk gamer. Pastinya kalian suka bermain game. Saya juga suka.

Seiringnya berjalannya waktu, teman-teman saya mulai banyak yang melirik game yang lebih menarik. Sebagai contoh, PUBG atau Players Unknown Battle Grounds. Game ini adalah salah satu game yang dulu saya cukup takut untuk mainkan. Alasannya karena waktu itu saya bermain sendiri. Suasana permainan jadi terasa lebih mencekam dan intens.

Perkembangan mobile game sendiri tidak berhenti di situ saja. Game yang pernah berjaya di masanya sendiri seperti Ragnarok atau Pointblank mulai kembali dihadirkan di mobile. Namun saya tidak terlalu tertarik dengan Pointblank. Saya tidak terlalu suka dengan game seperti pointblank karena saya tidak terlalu jago untuk bermain game seperti FPS. Tapi saya lebih tertarik dengan PUBG karena lebih intens saja.

Nah, oleh karena itu info paket internet sangat penting untuk kalian para gamers. Dari pada pulsa internet, beli paket unlimited lebih baik toh. Nah, info paket internet ini bisa kalian gunakan untuk memilih paket yang tepat untuk kebutuhan gaming kalian. Terlebih lagi banyak info yang mau saya bagikan kepada kalian.

GameMax untuk mobile gamers

mobile gaming
Orang yang sedang bermain game di Smartphone

Kalian tahu tentang GameMax? Itu adalah salah satu paket Internet Simpati yang ditujukan untuk gamers. Layanan ini tuh unik sih menurut saya karena operator di Indonesia masih belum banyak yang membuat paket internet yang dikhususkan untuk gamers. Industri mobile game adalah industri yang masih terus berkembang pesat. Oleh karena itu paket gaming yang diberikan oleh telkomsel adalah sebuah hal yang patut untuk diapresiasi.

Apa sih bedanya GameMax dengan paket internet lainnya? Tentunya paket internet ini difokuskan untuk gamers yang senang untuk bermain game di smartphone mereka. Yang saya tangkap dari penjelasan mereka, kalau kalian membeli paket GameMax 3GB selama 30 hari pemakaian, kuota kalian akan dibagi seperti ini, 1.5 GB di jaringan 4G, 500MB untuk all access, 1 GB untuk pemakaian game-game seperti Mobile Legends atau Arena of Valor.

Lalu apa sih untungnya menggunakan paket ini daripada paket yang lain? Kalau kalian membeli paket ini kalian bisa mendapatkan gems atau gold di game tersebut yang bisa kalian gunakan untuk membeli skin atau hero baru. Lumayan kan? Tapi perlu kalian ketahui kalau kalian membeli paket ini, kalian hanya bisa melakukan redeem sekali saja.

Sejauh ini hanya Telkomsel saja yang memberikan info paket internet untuk gamer. Cukup disayangkan karena banyak sekali gamer yang masih memilih mobile sebagai sarana mereka untuk bermain games.

Gaming semakin sengit

Seperti yang kita tahu kalau banyak orang yang memandang game sebagai sesuatu yang serius. Sebagian orang tersebut sangatlah kompetitif. Saya sendiri dalam bermain game cenderung berada di bagian yang cukup kompetitf. Saya adalah tipikal orang yang suka kesal kalau ada team mate yang mainnya nggak benar. Apalagi kalau gugur paling awal karena di permainan yang saya mainkan. Kalau kita gugur maka kita tidak bisa melanjutkan permainan lagi dan hanya bisa menjadi spectator.

mobile legends, jess no limit, rrq lemon
Pro Player Mobile Legends

Permainan yang saya gemari cenderung tidak banyak yang memainkan. Memang niche-nya segmented dan mungkin tidak terlalu menarik di mata orang-orang. Game yang saya mainkan adalah World Of Warships Blitz. Permainan 7 vs 7 yang memainkan kapal perang di era perang dunia ke-2. Di game ini kita bisa bermain sebagai angkatan laut di negara yang berpartisipasi di perang dunia ke-2. Saya suka bermain sebagai angkatan laut Jepang. Kapal perang mereka memiliki torpedo yang sangat sakti dan memiliki jangkauan yang jauh.

Saya dulu pernah melihat salah satu turnamen yang cukup besar yang pernah diselengarakan di suatu mall di Jakarta Barat. Impresifnya adalah antusiasme dan animo masyarakat yang menonton pertandingan ini. Saya terkagum-kagum. Bayangkan seisi mall sampai ke lantai paling atas dipenuhi orang-orang yang menonton pertandingan tersebut. Suatu atmosfir dan pemandangan yang sangat jarang saya temui di Indonesia. Apalagi ini adalah sebuah turnamen mobile game.

Terlebih lagi yang menjadikan suasana makin seru adalah dari supporter dari tim yang mereka bela. Mereka sangat mirip dengan supporter yang biasa mendukung tim sepak bola. Sangat meriah. Apalagi suasana makin panas setelah tim kesayangan mereka berhasil menuju final turnamen tersebut. Seisi mall menjadi semakin riuh. Namun sayangnya mereka tidak menjuarai turnamen tersebut. Ini adalah salah satu mengapa industri gaming sangat menarik.

Terbentuklah IESPA

community, komunitas
Community

IESPA adalah Indonesia E-Sport association yang menjadi wadah bagi gamers lokal yang ingin menjadi atlet. Nantinya mereka bisa membela negara di pertandingan internasional. IESPA sendiri terbentuk pada 24 juni 2014. Pada waktu itu tidak terlalu banyak yang memandang kalau game bisa dijadikan sebuah sarana untuk gamers untuk menunjukan kemampuannya.

Tentunya IESPA sangat diterima bagi kami gamers di Indonesia. Terutama sekarang ini gaming bukanlah sebuah aktivitas yang hanya membuang-buang waktu saja. Dari aktivitas tersebut dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Kalau kalian pernah menonton streaming game entah di Youtube atau di Twitch, mereka mendapatkan pendapatan dari melakukan streaming tersebut.

Dari mana gamers mendapatkan uang?

Seperti yang tadi saya sebutkan di poin yang sebelumnya, gamer dulunya hanya dapat memainkan game itu sendiri. Biasanya seorang gamer sendiri mendapatkan uang dengan menjual item atau memainkan account orang lain. Account tersebut mencapai suatu level tertentu. Biasanya yang saya suka dengar juga adalah yang menjual account untuk mendatkan uang.

Di zaman ini, steam menjadi salah satu sarana untuk gamer membeli game atau menjual item mereka di steam. Ternyata sebuah item dapat bernilai uang juga. Dulu saya pernah membaca di sebuah game jika seseorang menemukan sebuah planet maka planet tersebut dapat dijual. Yang membuat saya kaget adalah nilai sebuah planet tersebut yang fantastis. Banyangkan planet yang kalian temukan temukan ternyata bernilai miliaran.

Mobile gaming vs PC gaming

mobile legends, pubg
Mobile legends vs PUBG

Saya sendiri adalah seorang mobile gamer. Alasan saya memilih platform ini adalah karena saya lebih dominan menggunakan smartphone saya. Saya tidak memiliki PC atau laptop yang bisa memainkan game yang intens. Apalagi dengan adanya perubahan perilaku konsumen yang tadinya cenderung bermain di pc atau console. Sekarang mereka lebih memilih ke mobile karena kepraktisannya. Untuk mengubah kebiasaan yang praktis itu sulit.

Tetapi, dulu saya pernah punya laptop yang cukup kuat untuk bermain game sekelas Assassins Creed 3. Saya kangen untuk bermain seperti itu lagi tetapi apa daya saya kurang suka OS Windows. Di laptop saya pun membeli Macbook untuk keperluan kerja dan kuliah saya. Maka saya sudah menggangap kalau bermain di smartphone saja sudah cukup.

Tetapi kalau kita bandingkan dengan game yang ada di PC dengan mobile, pastinya bukan perbandingan yang cukup fair kan. Sebuah mesin yang dibangun untuk bermain game dengan sebuah smartphone yang dirancang untuk melakukan pekerjaan ringan secara mobile bukanlah perbandingan yang pas.

Internet mobile vs kabel

Tentunya kalau kita berbicara tentang mobile pasti yang masuk di benak kita adalah operator seluler yang menyediakan layanan paket kuota internet di jaringan 4G LTE. Namun kalau kita membandingkan dengan internet yang kita sambungkan dengan kabel maka akan terasa sekali perbedaannya. Salah satu perbedaan yang paling mencolok adalah kecepatan.

Siapa sih yang mau bermain games dengan koneksi yang tidak stabil? Saya sendiri kalau internetnya lemot aja saya langsung buka twitter dan complain ke customer service provider internet tersebut. Apalagi kalau konteksnya kita bermain game. Suatu layanan internet yang stabil adalah kebutuhan yang dicari gamer. Kebanyakan game yang beredar di pasaran harus terhubung dengan internet.

Maka sangatlah penting untuk seorang gamer untuk mencari tahu tentang internet yang akan dia gunakan untuk bermain games. Seperti apakah provider internet tersebut memberikan paket yang benar-benar cepat. Atau apakah provider tersebut memberikan hardware yang memungkinkan untuk mengakses internet dengan kecepatan yang dijanjikan.

Untuk mencari info paket internet untuk gamer memang tidak mudah. Apalagi kalau kalian bermain di smartphone kalian, maka opsi yang bisa kalian gunakan hanya paket GameMax yang disediakan oleh Telkomsel. Tetapi paket internet dari provider lainnya tidak jelek kok tergantung lokasi kalian tinggal atau biasa bermain.

Tournament game banyak bermunculan

Saya suka memperhatikan dari 2 tahun lalu banyak turnamen game bermunculan. Banyak turnamen game ini saya rasa terinspirasi dengan turnamen game sekelas league of legends beberapa tahun lalu. Saya masih ingat waktu saya masih di bangku SMP banyak teman saya, khususnya gamer dengan antusiasnya menceritakan pertandingan yang mereka tonton malam hari itu. Betapa hebohnya mereka menceritakan pertandingan itu. Tidak lupa mereka menerangkan bagaimana jalannya pertandingan itu dengan memeragakan kemampuan yang digunakan pro player tersebut.

Saya merasa dengan tumbuhnya turnamen game ini tentunya harus didukung dengan infrastruktur yang mumpuni. Tim teknisi yang siap juga diperlukan untuk memastikan jaringan dan server agar berjalan tanpa ada masalah sedikit pun. Saya justu mendengar tahun 2018 kemarin ternyata Idcolo, salah satu bagian dari Nusanet, menyediakan server untuk pertandingan tournament e-sport pada tahun itu.

Tidak tanggung-tanggung, mereka ternyata menyediakan server tersebut selama satu bulan masa pertandingan tournament tersebut. Ternyata untuk sebuah turnamen atau memainkan sebuah game online, diperlukan sebuah server yang dapat meng-host game tersebut.

Pentingnya server dan internet yang stabil untuk bermain game

Hal yang paling penting untuk bermain game adalah untuk memilih server yang paling stabil untuk kenyamanan bermain game kalian. Kalau saya biasanya mencari server lokal atau server yang berada di Singapore. Lalu eanapa kita memilih server yang paling dekat dan kenapa jika kita memilih server yang lebih jauh experience bermain game kita menjadi kurang memuaskan? Sebenarnya kita bisa mengakses server yang jauh tetapi secara networking kita akan melewati server yang paling dekat.

Dengan kita melewati server yang paling dekat, tentunya kita akan melewati server-server yang akan terhubung dengan server yang jauh yang kita pilih di awal. Otomatis dengan melewati banyak server itu maka semakin banyak hambatan yang dilewati jaringan kita untuk terhubung ke server tersebut. Maka sebaiknya kita memilih server yang paling dekat.

Kalau Menggunakan Fiber Optic Gimana?

Lalu kalau saya menggunakan wifi atau fiber optic bagaimana? Sebenarnya prinsipnya sama saja dengan yang saya jelaskan tadi. Mau kita pakai wifi atau menggunakan fiber optic, kita pasti akan melewati server-server yang banyak jumlahnya sehingga hambatan di jalan terserbut semakin banyak dan memperlambat kecepatan kita mengakses game tersebut. Sama halnya dengan internet mobile karena BTS-nya menggunakan kabel untuk mentransfer data tersebut.

Berikut adalah informasi yang bisa saya berikan kepada kalian. Semoga informasi ini bisa menambah ilmu kalian tentang e-sport maupun tentang server atau internet sekalipun. Kalau kalian adalah seorang gamer, kalian bisa menggunakan paket internet gamer Groovy karena ada yang unlimited speed dan unlimited data. Kalau kalian mau menyelangarakan turnamen game, kalian bisa menggunakan Idcolo untuk servernya.

Untuk info paket internet Groovy bisa kalian lihat di website Groovy. Di sana kalian bisa melihat daftar harga paket. Kalian bisa membeli paket data secara langsung atau melakukan pembelian kuota dan aktivasi paketnya yang bisa dibimbing oleh customer service yang ramah-ramah. Tenang aja masa aktif paket kalian pasti bisa kalian gunakan selama satu bulan full.

Di website Groovy tidak hanya ada pilihan paket internet saja, mereka memberikan paket internet dengan tv yang bisa digunakan untuk pelanggan untuk nonton bersama keluarga atau orang tua kalian kalau kalian tidak suka nonton tv.

Jadi, tunggu apalagi?

Post Author: Dodi Irawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *