(Last Updated On: May 7, 2019)

Internet lemot, siapa sih yang suka internet lemot? Saya juga nggak suka. Pasti pernah kan muncul di benak kalian bagaimana cara menambah kecepatan internet? Saya juga pernah. Semua dimulai saat saya ingin men-download game di smartphone saya. Awalnya semua lancar, Namun seketika kecepatan turun drastis.

orang lagi di depan laptop dan cara menambahkan kecepatan internet
Bagaimana cara menambah kecepatan internet?

Di sini saya sempat dibuat bingung. Saat itu KUOTA internet saya masih banyak sekali. Rasanya saya tidak merasa ada yang salah dengan internet saya. Setelah saya cari tahu ternyata permasalahannya bukan berada di internet, tetapi ada di hardware saya yang ternyata sudah tua.

Saat itu saya menggunakan smartphone saya. Dulu saya gunakan untuk tethering ke iPad saya. Saya kira hardware yang saya gunakan tidak jadi masalah karena yang saya tahu smartphone saya tidak tua. Setelah masalah itu saya temui saya mencoba mifi teman saya. Sebuah modem portabel yang bisa digunakan untuk wifi.

Di sana saya mencoba kartu saya untuk internet. Ternyata memang kartu internet saya tidak ada masalah. Semua masalah terletak dari smartphone saya yang ternyata sudah uzur. nah cukup banyak kata, ini lah cara mempercepat koneksi internet untuk kalian yang punya internet lamban.

Pilih cepat atau stabil?

Dalam berinternet kita kadang suka berpikiran kalau cepat berarti bagus. Saya sendiri pun demikian. Saya merasa untuk browsing dan download kecepatan adalah prioritas saya. Namun jika fokus kalian bermain game, maka pilihan yang lebih baik adalah interent yang stabil.

Untuk mencapai internet cepat saja kita harus membutuhkan banyak hal juga. Salah satunya adalah hardware seperti router yang dapat memenuhi kebutuhan kita untuk berselancar di internet. Biasanya router yang bagus dibuat khusus untuk gamer.

Selain itu kalian juga harus tahu jenis internet yang kalian gunakan. Apakah internetnya menggunakan wifi saja atau menggunakan kabel fiber optic. Kalau kalian menggunakan internet Fiber Optic pastinya kalian perlu router yang mumpuni untuk dapat menikmati internet tersebut.

Smartphone

Smartphone dan cara menambah kecepatan internet
Browsing di Smartphone memang asik

Siapa sih yang ga tau gadget satu ini? Sebuah komputer saku yang berguna untuk membantu kalian di kehidupan sehari-hari. Smartphone sendiri tentunya memerlukan koneksi internet untuk dapat menunjang aktivitas kalian. Lalu bagaimana cara menambah kecepatan internetnya?

Kalau kalian pengguna smartphone android maka trik ini bisa kalian gunakan untuk mengakali untuk meningkatkan kecepatan internet. Baik itu untuk bermain game atau streaming pun akan menambahkan experience kalian selama berselancar di internet.

1. memblokir atau menghapus iklan

Smartphone dengan sistem operasi android memang cenderung memiliki banyak aplikasi yang menyimpan banyak iklan. Iklan ini yang menyebabkan cache di smarphone kalian menjadi pernuh dan membuat smartphone kalian menajadi lemot.

oleh sebab itu, kalian harus rutin untuk menghapus file-file yang tidak kalian gunakan atau menghapus cache tersebut. Kalau kalian menggunakan IOS maka kalian tidak perlu terlalu khawatir akan smarphone kalian menjadi lemot. karena IOS sudah di design sedemikian rupa untuk memberikan experience yang baik.

kalau android kalain hanya perlu klik tombol untuk menghapus file cache tersebut. fungsi dari menghapus cache ini juga adalah dapat membuat smartphone andorid kalian menjadi lebih cepat.

pengaturan DNS

Banyak yang mengatakan dengan kalian menghack DNS kalain bisa mengakses internet dengan kecepatan yang sangat cepat. caranya dengan mengganti DNS kalian menjadi 1.1.1.1. apa sih manfaatnya? dengan kalain menghack DNS ini kalian bisa mempercepat respons internet kalian sampai 14.8ms.

tentunya untuk menyelesaikan masalah internet secara otomatis menggunakan aplikasi tidak dapat kalian lakukan untuk mencari cara menambah kecepatan internet. kalian yang memiliki smartphone android, untuk mengaksesnya kalian hanya perlu melakukan langkah-lngkah ini saja.

  • masuk ke setting dan pilih wifi
  • klik tombol wifi yang sudah terhubung yang lama dan kalian pilih modify network.
  • kalian akan melihat banyak informasi tentang koneksi dan wifi, lalu kalian pilih ip setting menjadi static.
  • lalu kalian isi seperti ini. DNS 1: 1.1.1.1 dan DNS 2: 1.0.0.1

selain kalian bisa mengatur DNS ini di smartphone andorid kalian, kalian bisa melakukannya di laptop kalian yang berbasis sistem operasi windows 7 dan di atasnya untuk mempercepat koneksi internet lambat kalian.

kalau smartphone atau gadget kalain tidak menunjukan perubahan saat kalian melakukan hal tersebut, mungkin permasalahannya adalah pada internet service provider kalian. tidak ada salahnya untuk menelfon kantor penyedia layanan kalian untuk mengetahui permasalahan yang terjadi.

cara mengcek kecepatan internet

banyak cara untuk mencek kecepatan koneksi internet. salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi yang di buat oleh ookla, yaitu ookla speedtest. aplikasi ini bertujuan untuk melihat kecepatan internet yang terhubung dengan device kalian.

kalau kalian menggunakan IOS atau Android, kalian hanya perlu mendownload aplikasinya di app store dan google play store. kalau kalian menggunakan desktop atau laptop kalian bisa mengakses websitenya atau kalain bisa mendownload aplikasinya di website ookla speedtest.

Virus juga bisa memperlambat kinerja device kalian!

siapa sangka kalau virus juga bisa memperngaruhi kecepatan internet kalian. berdasarkan penelitian W3counter menyatakan bahwa di dunia pengguna internet yang paling banyak didominasi oleh pengguna browser Google Chrome, Safari, dan Internet Explorer & Edge (2019).

dari penelitian ini banyak yang mengatakan bahwa kebanyakan pengguna google chrome dan mozilla lah yang paling banyak mengeluh. sebabnya adalah karena kebanyakan pengguna mereka melakukan download file-file bajakan yang ditempeli oleh virus. virus ini lah yang menjadi penyebab turunnya kinerja browser itu.

lalu apa yang harus kita lakukan? salah satu solusi yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan aplikasi gratis yang bernama adwcleaner. penggunaan apliaksi ini untuk melakukan scanning pada browser untuk memastikan kinerja browser kalian prima. lalu untuk laptop atau desktop-nya, kalian bisa menggunakan anti virus.

anti virus yang kalian pakai mungkin bisa bervariasi, tapi saya lebih menganjurkan penggunaan anti virus yang sudah mempunyai nama besar seperti Mcafee atau kaspersky.

Provider?

kalau kalian masih merasakan masalah, mungkin permasalahannya bukan berada di device kalian. mungkin, yang ada masalah adalah dari pihak providernya yang memang memberikan kalian kecepatan internet yang tidak cepat.

mungkin juga kalau paket internet yang kalian beli ternyata di downgrade, karena ada kebijakan baru yang mengharuskan mereka untuk menurunkan bandwith paket kalian. maka dari itu kalian harus teliti untuk melihat paket yang akan kalian beli.

Internet unlimited speed

kalau kalian berlangganan paket internet groovy, kalian tidak perlu takut akan kecepatan internet yang akan menurun. karena groovy memiliki paket internet yang unlimited speed yang pastinya akan memenuhi kebutuhan kalian. dengan harga Rp 259.000/bulan, kalian bisa berselancar di internet dengan puas.

masih kurang? Groovy juga memberikan kalian pilihan paket extreme yang menambahkan daily usage kalian menjadi 40GB! kalian tidak perlu khawatir, karena groovy memberikan kalian pilihan yang pastinya membuat kebutuhan internet kalian terpenuhi. karena groovy membuat keluarga betah dirumah.

berikut adalah beberapa tips cara menambah kecepatan internet, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalain yang sedang mencari informasi untuk mempercepat koneksi internet kalian.

Write A Comment