(Last Updated On: March 6, 2019)

Kalian tahu nggak sih cara menyambungkan Wifi ke TV dengan cepat dan mudah? Kalau sudah tersambung, TV jadi berguna banget buat kamu yang suka melakukan aktivitas saat ada waktu luang di rumah. Kamu bisa streaming film dan Youtube, video call, dan browsing.

Nah, TV itu yang dinamakan Smart TV dan tanpa router nirkabel. Namun, tidak semua TV bisa disambungkan ke WiFi loh. Hanya beberapa Smart TV saja yang bisa kamu sambungkan. Nah TV apa saja sih yang bisa disambungkan ke WiFi? Bagaimana cara menyambungkan WiFi ke TV? Apakah kamu ingin mencoba cara menyambungkan WiFi ke TV kamu?

Rekomendasi Smart TV dan OS-nya untuk Kamu

Smart TV Samsung menggunakan OS Tizen.

Smart TV ini memberikan akses ke layanan olahraga dan musik. Ia memastikan untuk tidak melewatkan siaran langsung favorit kamu dari ponsel, sehingga kamu dapat menikmati kapan pun siaran yang kamu mau loh. Melalui kerja sama dengan Glympse, layanan berbagi lokasi untuk keluarga, juga tersedia di perangkat yang berjalan pada OS Tizen lainnya seperti Gear S3. Berbagai skenario sinkronisasi untuk platform Tizen juga dipresentasikan di TDC kali ini.

Smart TV LG menggunakan OS WebOS.

WebOS ini menggunakan sistem graphial user interface (GUI), sehingga kamu bisa dengan mudah mengatur aplikasi, memudahkan pencarian, dan koneksi. Selain itu, bisa juga dipakai untuk streaming, browsing, sampai dengan video call kalau kamu menambahkan kamera khusus yang dihubungkan pada TV ini. WebOS juga mampu memberikan rekomendasi aplikasi berdasarkan tingkat kepopuleran dan kepuasan konten.

Smart TV Sony menggunakan OS Android TV.

Smart TV Sony mengusung sistem operasi Android, sehingga kamu bisa melakukan aktivitas seperti streaming atau browsing layaknya menggunakan tablet.

Smart TV Changhong  menggunakan OS Android 4.6.

Smart TV dari Changhong diklaim sebagai Eco-friendly TV yang artinya lebih hemat energi. Meskipun tidak banyak teknologi yang ditawarkan melalui Smart TV Changhong, tetapi kamu sudah bisa mengontrol TV ini dengan smart phone, mengoneksikan WiFi ke televisi, dan browsing dengan layar yang super lebar dan luas.

Seperti layaknya ponsel, kehadiran sistem operasi ini juga tentu saja untuk mempermudah dalam menjalankan fitur-fitur yang dimiliki oleh produk tersebut dan tergantung pada kawasan negara.

Lalu, mengapa WiFi harus disambungkan ke TV?

Kehadiran Smart TV sudah memperoleh sambutan positif dari konsumen. Smart TV ini bisa menggantikan posisi PC maupun laptop. Disebut sebagai Smart TV karena alat elektronik memang didukung dengan berbagai fitur dan teknologi yang membuatnya terlihat “Smart”, dan bisa disebut wireless display.

Ada beberapa manfaat Smart TV yang menjadi alasan untuk disambungkan wifi, di antaranya adalah:

Video Playback Via DLNA/USBmemudahkan kamu untuk memutar video langsung dari USB atau DLNA.

Aplikasi & Gamesdapat kamu gunakan untuk melakukan streaming, Netflix, dan Youtube.

PVR/DVR Functionality bisa kamu gunakan untuk merekam acara televisi secara langsung tanpa membutuhkan perangkat tambahan.

Social Networking,. Kamu bisa mengakses media sosial. Selain itu, TV-mu dapat digunakan untuk video conference melalui skype.

Smartphone Connectivity. Kamu dapat menghubungkan smart phone untuk berbagai keperluan seperti memutar video tergantung pada kawasan.

Gimanasih cara menyambungkan WiFi ke TV?

Nah, ini dia 5 cara menyambungkan WiFi ke TV kamu dengan cepat dan mudah

Ada 5 cara menyambungkan wifi ke TV dengan cepat dan mudah:

Tekan tombol HOME, lalu pilih PENGATURAN

Pilih JARINGAN – WIFI DIRECT – ON

Pilih PENGATURAN WIFI DIRECT

Pilih nama TV yang ditampilkan di layar TVperangkat WIFI DIRECT

Operasikan perangkat WIFI DIRECT/WIFI yang akan disambungkan dengan TV

Untuk informasi selengkapnya, baca buku panduan untuk perangkat tersebut.

Bagaimana jika sambungan gagal dilakukan?

Saat layar stand by untuk Pengaturan Wi-Fi Direct ditampilkan, tekan tombol OPTIONS, lalu pilih Manual. Pilih WPS jika perangkat tersebut mendukung WPS. Atau, pilih Metode Lain dan ikuti instruksi di layar untuk menyelesaikan konfigurasi tersebut.

Bagaimana menyambungkan perangkat lain?

Ikuti langkah di atas untuk menyambungkan beberapa perangkat. Hingga 10 perangkat dapat disambungkan pada saat bersamaan. Untuk menyambungkan perangkat lain saat 10 perangkat sudah tersambung, lepas sambungan perangkat yang tidak diperlukan, lalu sambungkan perangkat lain tersebut.

Bagaimana mendaftar perangkat yang tersambung/membatalkan pendaftaran perangkat?

Saat layar stand by untuk Pengaturan Wi-Fi Direct ditampilkan, tekan tombol OPTIONS, lalu pilih Perlihatkan Daftar atau Hapus Perangkat. Untuk membatalkan pendaftaran perangkat, pilih perangkat yang ingin dihapus dari daftar, lalu tekan tombol  (atau tekan touchpad di Remote Control Touchpad). Lalu, pilih [Ya] di tampilan konfirmasi. Untuk menghapus semua perangkat di daftar, tekan tombol OPTIONS di daftar, pilih (Hapus Semua), lalu (Ya) di tampilan konfirmasi.

Ikon di bagian kiri daftar menampilkan berikut ini:

(ikon centang): Perangkat yang tersambung

(ikon tampilan): Perangkat yang kompatibel dengan pembuatan cermin layar

Bagaimana mengubah pengaturan pita? (untuk ahli)

Jika TV tidak tersambung ke router mana pun secara nirkabel, kamu dapat memilih pita nirkabel untuk fungsi Wi-Fi Direct.  Saat layar TV stand by untuk pengaturan Wi-Fi Direct ditampilkan, tekan tombol OPTIONS, lalu pilih (Pengaturan Band).

Otomatis (Glmbg 2.4GHz): Gunakan opsi ini saat menyambungkan dengan perangkat yang mendukung 2,4 GHz saja. Opsi ini mungkin mendukung lebih banyak perangkat daripada opsi lain.

Otomatis: Biasanya gunakan opsi ini. Opsi tersebut otomatis memilih pita yang sesuai untuk fungsi Wi-Fi Direct.

Otomatis (Gelombang 5 GHz): Gunakan opsi ini saat melakukan sambungan dengan perangkat yang mendukung pita 5 GHz. Opsi ini mungkin meningkatkan kualitas streaming video.

Perlu diperhatikan bahwa saat Anda memilih opsi ini, TV tidak dapat tersambung dengan perangkat yang mendukung 2,4 GHz saja.

Pilih sebuah Saluran: Gunakan opsi ini untuk memilih saluran nirkabel tertentu.

Bagaimana jika terdapat masalah konektivitas pada WiFi?

Nah! kalau TV kamu mengalami masalah saat terhubung ke jaringan Internet atau Aplikasi (untuk Smart TV). Pastikan TV telah terhubung ke Jaringan internet dengan cara di bawah ini:

Tekan tombol “Menu/Home” pada remote TV kamu

Pilihlah “Jaringan”.

Pilih “Status Jaringan” lalu tekan Enter.

Jika “koneksi gagal”  maka hubungkan kembali koneksi terhadap jaringan yang digunakan, baik itu menggunakan Wifi ataupun Kabel LAN dan pastikan jaringan internet tidak lemah. Jika ternyata yang bermasalah pada penyedia layanan internet (vendor) silahkan hubungi pihak terkait.

Bersama Groovy

Pengalaman saya menggunakan Groovy untuk disambungkan ke TV sangat baik. Groovy menjamin layanan TV kabel dan internet yang memberikan kepuasan yang baik untuk saya dan keluarga.

Setelah memahami cara menyambungkan wifi ke tv, dan menggunakan Groovy, hal itu memudahkan aktivitas saya untuk mengerjakan tugas, streaming, menonton Youtube, dan browsing. Dengan kecepatan internet dari 15 mbps hingga 100 mbps setiap keluarga sudah bisa merasakan internet yang stabil.

Saya dan keluarga sudah merasakan TV kabel yang memiliki 45 channel yang berisi saluran Internasional dan Nasional. Artinya saya bisa menonton TV dengan nyaman dan asik sambil menikmati internetan kencang dan stabil di rumah.

Write A Comment