(Last Updated On: March 14, 2019)

Cara menambah kecepatan internet

Kecepatan internet kamu sering menurun dan suka mengganggu aktivitas kamu? Pasti kesal rasanya,
jika jaringan internet kamu lagi nggak bersahabat. Padahal lagi butuh banget melakukan browsing, membuka media sosial dengan menggunakan aplikasi, atau pun ingin meng-update sesuatu. Kenapa sih internet terkadang tiba tiba melambat seperti keong? Apa yang menyebabkan masalah internet kamu menurun? Dan bagaimana sih cara menambah kecepatan internet yang tiba tiba saja menurun? Langsung aja kita bahas di bawah ini…

Ini dia penyebab internet kamu yang tiba tiba menurun

Penyebab internet lambat

Sinyal jaringan lemah atau kurang baik

Jika sinyal jaringan kamu lemah atau hanya ada satu titik, besar kemungkinan akan membuat kecepatan akses internet kamu menurun. Akan tetapi, meskipun sinyal jaringan penuh, bukan berarti hal itu sepenuhnya membuat akses internet jadi lebih baik. Kadang beberapa orang pernah mengalami bar sinyalnya penuh tapi internetnya lambat. Bahkan tidak bisa diakses sama sekali. Ini mungkin bisa saja disebabkan karena Internet Service Provider (ISP) yang ia gunakan sedang bermasalah. Sekadar informasi, kalau ISP itu adalah merek kartu SIM yang kamu gunakan.

Salah setting

Kadang beberapa orang suka utak-atik menu pengaturan yang ada pada smartphone android-nya. Pada akhirnya timbul suatu masalah yang menyebabkan akses internetnya jadi lamban. Lambannya akses internet pada perangkat smartphone-nya itu, mungkin saja disebabkan karena sebelumnya ia tanpa sadar telah mengubah pengaturan jaringan dari yang sebelumnya di mode 3G (HSDPA) ke mode 2G (EDGE). Kita semua tahu kalau akses internet di mode 3G jauh lebih cepat dibandingkan mode 2G. Oleh karena itu, agar kecepatan internet menjadi cepat lagi, ubahlah kembali pengaturan jaringannya ke mode 3G.

Terlalu banyak yang menggunakan internet

Dalam satu BTS (Base Station Service) atau tower jaringan tentu memiliki kapasitas daya tampung tersendiri. Nah, apabila orang yang menggunakan internet melebihi kapasitas akibatnya akan membuat akses jalannya internet menjadi terganggu. Ada yang jadi lamban, macet-macet, atau bahkan tidak bisa mengakses internet sama sekali. Umumnya hal ini sangat jarang terjadi jika Anda berada di pedesaan yang tersedia BTS. Jika Anda berada di pemukiman padat dan hampir setiap orang di sana menggunakan internet, terkadang koneksi akan menjadi terganggu. Namun, jangan risau. Masalah ini sebenarnya sangat jarang terjadi. Di pemukiman padat biasanya ISP telah memperhitungkan semuanya dalam memilih kecepatan.

Spesifikasi perangkat

Perangkat yang mampu menggunakan internet dalam kecepatan tinggi bisa dilihat dari spesifikasi jaringan yang dibawanya. Misalnya, jika ia dilengkapi fitur jaringan 3G atau pun 4G, sudah pasti untuk menambah kecepatan internetnya cepat.

Ada program atau aplikasi lain yang menggunakan internet

Kamu menggunakan internet untuk browsing, tapi di sisi lain, program aplikasi yang terpasang di perangkat juga ada yang menggunakan internet secara otomatis. Jika ini terjadi secara bersamaan, akibatnya akan membuat kecepatan internet jadi menurun. Kecepatannya telah dibagi dua, yakni satu untuk kamu dan satunya lagi untuk program aplikasi.

Paket internet telah melewati masa pemakaian wajar (FUP)

Bagi pelanggan internet yang menggunakan layanan internet berbasis Unlimited pasti sudah pernah mendengar istilah FUP (Fair Usage Policy). FUP sejatinya merupakan ketentuan batasan penggunaan wajar yang diterapkan pada paket internet Unlimited. Walaupun Unlimited, artinya tak terbatas, tetap saja operator tak ingin dirugikan. Oleh karenanya operator membuat kebijakan FUP, yakni sebuah aturan yang memberikan batasan pemakaian wajar. Jika batasan itu habis, kecepatan akses internet akan turun.

Sistem operasi melakukan update secara otomatis

Sistem operasi komputer terutama Windows pada dasarnya memiliki fitur update. Fitur ini bertujuan untuk memperbaharui database sistem operasi dengan cara memberikan dan menambal celah-celah berbahaya yang berpotensi disusupi oleh program jahat. Dengan dilakukannya pembaharuan ini, tentu saja akan sangat bermanfaat. Sayangnya, proses pembaharuan ini memerlukan koneksi internet untuk men-download database-nya.

Malware (virus, adware, dan sejenisnya)

Malware adalah program jahat yang bersifat merugikan. Pada jenis tertentu, malware bisa menggunakan internet tanpa sepengetahuan pemilik komputer seperti Windows 7 korbannya. Adapun akses internet yang digunakan malware biasanya untuk keperluan upload atau download. Upload yaitu untuk mengirimkan suatu file penting dari komputer korban ke pembuat Malware. Sementara download untuk mengambil suatu file yang mungkin saja untuk memperkuat dan memperbanyak malware itu sendiri.

Dan Bagaimana Cara Menambah Kecepatan Internet?

Bagaimana cara menambah kecepatan internet?

Permasalahan umumnya adalah ketika kamu berada di tempat yang memiliki jaringan yang tidak bagus maka sinyal jaringan kamu akan berubah. Jika kamu melihat koneksi internet di smartphone kamu telah menjadi EDGE atau GPRS, tentu saja kecepatan internet kamu akan mendadak terasa sangat lambat. Oleh karena itu, dengan mengatur 3G atau 4G secara manual dapat menjadi cara menambah kecepatan internet yang sangat membantu kecepatan internet menjadi lebih baik.

Cara Untuk Mempercepat Koneksi Internet Wifi Kamu Hingga 100% Lebih Cepat

Mengubah setting bandwidth kamu

Agar koneksi internet kamu maksimal, gunakanlah nilai bandwith yang lebih besar lagi dengan mengubah setting pada computer configuration. Berikut ini langkah langkahnya:

Pertama, buka program Run dengan cara klik tombol berlogo Windows dan  tombol R secara bersamaan. Nanti akan muncul pop up Run.

Lalu pada bagian program Run, ketik gpedit.msc pada kolom yang disediakan. Lalu klik OK.

Perhatikan tampilan di layar kamu. Double klik pada bagian Computer Configuration > Administrative Templates > Network > QoS Packed Scheduler.

Kemudian, double Klik pada menu Limit Reservable Bandwidth.

Pilih menu enable > Pada bagian Bandwidth Limit diganti menjadi 0 (defaultnya 20), lalu klik OK.

Restart komputer kamu untuk mendapatkan hasilnya.

Cara Mempercepat Koneksi Internet dengan Mengubah DNS Pada Komputer

Gantilah konfigurasi pengaturan DNS menjadi open DNS atau menggunakan DNS Google. Cara ini dapat menambah kecepatan koneksi internet Anda hingga 20% dari kecepatan semula.

Jika ingin menggunakan DNS dari Google, berikut ini langkah-langkahnya:

Klik kanan ikon Network, lalu klik Open Network and Sharing Center.

Selanjutnya, klik link menu Connection yang ada di bagian kanan.

Setelah jendela Wireless Network Connection Status terbuka, selanjutnya klik tombol properties.

Pilih Properties > Internet Protocol Ver. 4 > Properties.

Prefered DNS Server: 8.8.8.8

Alternate DNS Server: 8.8.4.4

Mengaktifkan DNS Cache

Fungsi dari DNS adalah kita dapat mengaktifkan pengaturan DNS Cache pada regedit. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Buka Notepad

Copy kode berikut ini ke dalam notepad :

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Dnscache\Parameters]

“CacheHashTableBucketSize”=dword:00000001

“CacheHashTableSize”=dword:00000180

“MaxCacheEntryTtlLimit”=dword:0000fa00

“MaxSOACacheEntryTtlLimit”=dword:0000012d

Simpan notepad tersebut dengan nama dnscache.reg

Untuk mengaktifkan DNS Cache, double klik pada file dnscache.reg tadi.

Buka file tersebut setiap kali Anda browsing di internet untuk mendapatkan kecepatan koneksi internet yang lebih cepat

Yuk #pakegroovyaja!

Siapa sih yang nggak suka kalau internet menurun atau melambat? Apakah Wifi Unlimited sudah cukup memuaskan kamu ketika melakukan browsing, up to date, atau nonton film kesayangan kamu?

Kamu akan merasa puas dan senang jika memakai “Groovy” di rumah. Groovy memberikan internet unlimited untuk meningkatkan salah satu aktivitas serta meningkatkan kecepatan internet kamu agar bisa menikmati kenyamanan di rumah tanpa adanya gangguan koneksi. Dari paket yang bersahabat hingga memuaskan akan kamu dapatkan agar selalu Groovy di rumah.

Write A Comment