(Last Updated On: May 9, 2019)

Internet saat  ini sudah bukan lagi menjadi sebuah pelengkap, tapi telah berubah menjadi sebuah kebutuhan. Telah banyak orang yang memasukkan budget pembelian paket internet ke dalam pos pengeluaran wajib bulanan. Kalau sudah jadi pengeluaran wajib artinya harus dihemat juga dong.

Caranya? Salah satunya dengan mengecek pemakaian paket/kuota internet kamu setiap selesai digunakan. Rajin mengecek sisa kuota internet bisa buat kamu mengetahui pemakaian internet untuk apa saja yang paling banyak menyedot kuota. Akibatnya, kamu bisa mengontrol atau mengurangi pemakaian internet yang dikira paling boros kuota.

Beda provider tentu beda cara mengeceknya. Bagi para pengguna provider Telkomsel, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengecek kuota internet dari paket yang sedang digunakan, seperti lewat Sms dial, Menu dial, dan myTelkomsel.

Cara Cek Kuota Internet Telkomsel via SMS

Akses Internet di mana Saja dengan Mobile Wif
cara cek paket internet

Untuk pengecekan dengan cara ini cukup dengan mengetik UL(spasi)INFO lalu kirim ke 3636. Layanan ini tidak dikenakan biaya. Selain itu jika dengan format di atas tidak ada balasan, kita bisa mengirim sms menggunakan format Flash(spasi)infov2 kirim ke 3636.

Cara Mengecek Kuota Internet Telkomsel via Menu Dial Telepon

Ketik *888# lalu tekan call.

Pilih Reply dan ketik angka 3 (cek kuota) pada dialogue box.

Ketik angka 2 (cek kuota internet) pada dialogue box

Berikutnya setelah tampilan ini, kamu akan dikirim sms untuk info lengkap tentang jumlah kuota internet yang tersisa.

SMS akan dikirim dari operator Telkomsel dengan nomor operator 3636.

Cek Paket Internet Telkomsel lewat Aplikasi (MyTelkomsel)

Download aplikasinya melalui app/play store (Android / iOS).

Buka aplikasinya (MyTelkomsel) dan informasi sisa kuota sudah tersedia pada halaman awal.

Klik rincian untuk penjelasan lebih lengkapnya, lalu klik pada ikon untuk kuota internet.

Melalui aplikasi, informasi mengenai penggunaan dan sisa kuota internet lebih lengkap mulai dari status kuota internet utama, kuota internet untuk jaringan 4G dan aplikasi lainnya.

Tips Hemat Kuota Internet

tips hemat kuota internet

Jangan cuma rajin mengecek tapi juga manfaatkan untuk bisa membuat kamu agar bisa lebih pintar menghemat kuota internet. Kalau dihitung-hitung budget untuk pembelian kuota internet provider telkomsel minimal harus mengeluarkan kocek dari Rp50 ribu – Rp150rb /bulan. Lumayan kan?

Akan sangat boros jika jatah kuota untuk 1 bulan langsung habis hanya karena kamu yang mudah kalap dalam memakai internet. Ujung-ujungnya? Beli kuota tambahan lagi karena speed internet jadi super lemot akibat kuota internet yang sekarat. Nah ini dia beberapa tips mudah untuk menghemat kuota internet:

Pilih Paket Internet sesuai dengan Kebutuhan

Jangan kalap ya kalau memilih paket yang penawaran kuotanya besar, tapi lirik juga harganya. Makin besar jumlah kuotanya pasti makin mahal harganya. Tidak apa-apa pilih yang mahal kalau memang koneksi dengan internet sangat diperlukan dalam kegiatan sehari-hari kamu seperti pekerjaan atau berjualan.

Matikan Fungsi Auto-Sync

Ini adalah hal yang paling sering dilupakan oleh para pengguna smartphone. Daripada kuota habis karena update yang tidak diperlukan, lebih baik matikan saja dan update secara manual.

Manfaatkan Wifi

Kantor kamu punya wifi? Dimanfaatkan dong. Selain itu, zaman sekarang hampir semua tempat-tempat makan dan nongkrong menyediakan wifi. Jadi kalau lagi hang out dengan kerabat dekat atau teman kantor jangan lupa tanya-tanya soal wifinya yaa.

Kalian tau nggak provider apa sih yang paling menarik sekarang? Kalau dibandingkan dengan yang lain, Groovy termasuk provider yang paling menarik dan menjamin kualitas yang diberikan.

Mau tahu apa saja yang dimiliki groovy?

Groovy menggunakan jaringan fiber optik sampai ke dalam rumah yang menjadikan jaringan kencang dan stabil

Memiliki static ip adress yang berguna untuk untuk perangkat smart home, dan cctv

Groovy memilki saluran tv gratis 45 Channel dengan tambahan biaya sewa STB Rp40.000 perbulan (paket internet + free tv) untuk informasi yang lebih lengkap, silahkan cek disini

Cari Tahu Aplikasi apa yang Paling Boros Kuota

Biasanya aplikasi-aplikasi sosial media seperti facebook, twitter dan instagram yang paling banyak menyedot kuota karena biasanya kontennya berisi gambar dan video. Jadi bijak-bijak yah menggunakan akun sosial media kamu, agar tidak boros kuota.

Write A Comment