(Last Updated On: April 18, 2019)
orang lagi ngopi di café

Pernah kan kalian nongkrong di kafé? Syarat utama kafe buat tongkrongan adalah memiliki wifi. Saya sering berpikir cara pasang wifi dan biayanya di sana. Minggu lalu teman saya entah kenapa selalu mengajak saya untuk nongrong di kafé yang dekat dengan rumah saya.

“Dod, lu dimana? Ke café yang deket rumah lu yuk, gue dah deket nih,” kata si Jojo salah satu teman dekat saya.

Tanpa ragu saya terima tawaran dia. Sebenarnya saya sedikit malas untuk ngopi hari itu. Cuma karena saya sudah cukup lama tidak berjumpa dengan dia, saya tidak menolak.

Tidak lama, saya sampail di stasiun Tanah Tinggi. Di situlah tempat saya biasa turun dan naik kereta untuk kerja. Singkat cerita saya menggunakan ojek online untuk mencapai tempat yang dijanjikan.

Disana saya melihat Jojo dengan santainya menghirup vape yang biasa dia gunakan. Saya tidak langsung menghampiri Jojo saat itu. Saya membeli secangkir macchiato latte dan menanyakan apakah ada wifi di kafé tersebut. Lalu setelah saya memesan dan mendapatkan password wifi tersebut saya menghampiri Jojo.

Hari itu kami banyak bercerita tentang banyak hal, baik itu tentang pekerjaan kantor maupun tentang teman-teman kami yang sudah jarang kami temui karena kesibukan masing-masing. Tidak lupa saya menggunakan wifi kafé untuk menunjukkan foto mobil yang baru saya temui di jalan.

Wifi sudah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan

Seperti yang barusan saya ceritakan, wifi sudah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita. Apalagi kalau kita sedang nongkrong di kafé. Pasti hal pertama yang dilihat adalah apakah tempat tersebut menyediakan wifi. Memang sebuah kafé tidak dinilai dari wifinya tapi melainkan dari kualitas tempat dan makanannya.

Ternyata tidak hanya kafé saja yang menyediakan wifi. Hampir setiap tempat sudah menyediakan wifi. Wifi bisa kita jumpai di rumah, kantor, rumah makan, stasiun bahkan di rumah sakit sekali pun. Kalian bisa menemukan wifi dengan mudah. Tidak seperti dulu, ketika internet cukup langka dan alat untuk memancarkan frekuensi wifi tersebut cukup mahal.

Dibandingkan dengan zaman dulu, kebutuhan interent tidak setinggi sekarang ini. Namun seiring berjalannya waktu dengan perkembangan teknologi kita membutuhkan wifi. Kita jadi perlu tahu cara memasang wifi untuk kebutuhan internet dan untuk mendapatkan koneksi internet di rumah.

Wifi di rumah pastinya adalah salah satu prioritas bagi mereka yang sering berselancar di internet tapi tidak ingin menggunakan jaringan internet mobile. Biasanya wifi di rumah dapat digunakan lebih dari 4 devices secara bersamaan, tetapi setiap ISP memiliki ketentuan yang berbeda.

ISP manakah yang menyediakan layanan wifi?

Kalau kita berbicara tentang ISP di indonesia yang menyediakan wifi hampir semua ISP di Indonesia menyediakan layanan ini. Sebut saja MNC play, Indihome, Indosat GIG, CBN Wireless, Biznet home dan Groovy.

Lalu apa sih bedanya antara ISP ini dengan ISP yang lainnya? Dan juga kita akan bahas cara pasang wifi dan biayanya. Yuk kita bahas satu-satu. Di sini kita akan membahas tentang cara pasang wifi dan biayanya utuk berlangganan layanan ISP yang ada di Indonesia.

MNC Play Residential

MNC Play adalah salah satu ISP besar di Indonesia. ISP ini menyediakan layanan yang beragam, mulai dari internet untuk rumah sampai internet untuk korporat. Dari harga menurut saya cukup terjangkau dengan harga awalan Rp290.500/bulan dengan kecepatan 10 Mbps. Untuk akses internetnya menggunakan kabel fiber optik dan modem wifi dan routernya sudah termasuk dari harga Rp290.500/bulan.

Untuk memasang, kalian harus mengisi form yang ada di web MNC Play untuk melakukan pemasangan.

Indihome

Lalu ada paket internt wifi dari Indihome. Siapa sih yang tidak tahu Indihome? Saya rasa untuk berlangganan Indihome memiliki jangkauan dan layanan yang paling bagus. Tapi saya juga tidak tahu karena saya tidak pernah menggunakan layanan wifi untuk di rumah.

Untuk harga mereka memulai dari Rp250.000 dengan kecepatan 10 Mbps tapi kalian hanya bisa menggunakan wifi saja karena ini adalah paket yang single play, tapi kalau kalian mau membayar lebih kalian bisa menggunkan layanan indihome yang lainnya.

Indosat GIG

Jujur saja saya baru dengar Indosat GIG, ISP ini memiliki 5 paket yang berbeda yang disesuaikan dengan karakteristik si konsumennya itu. Harga paket yang paling dasar adalah paket GIG 20 yang dijual dengan harga RP420.000/bulan.

Paket ini memberikan kalian kebebasan untuk men-download atau browsing tanpa batasan kuota dengan TV kabel. Ini digunakan untuk 6 device sekaligus.

CBN Wireless

Layanan dari ISP ini cukup straightforward. Mereka menyediakan 3 level paket internet wireless yaitu Bronze, Silver, dan Gold. Masing-masing paket memberikan perbedaan di download speed dan upload speednya. Untuk paket CBN Bronze dibandrol dengan harga Rp399.000/bulan dengan kecepatan download up to 2 Mbps.

Biznet Home

Biznet adalah ISP yang selanjutnya akan kita bahas bersama. ISP ini juga adalah salah satu ISP yang menurut teman-teman saya adalah yang terbaik berdasarkan pengalaman penggunaan mereka.

Biznet memiliki 3 level paket, yaitu Biznet home internet home 1A-3A. Dari ke 3 paket tersebut yang menjadikan pembeda adalah speed-nya. Paket Biznet home internet home 1A dijual dengan harga Rp300.000/bulan dengan speed 50 Mbps.

Groovy

Kali ini kita membahas tentang Groovy, salah satu penyedia layanan internet yang masih tergolong paling muda di antara ISP lainnya. Nah, Groovy ini adalah ISP yang menyediakan internet rumah, wifi di rumah, dan telepon rumah, tergantung paket apa yang kalian pilih.

Seperti di artikel saya sebelumnya, harga paket internet Groovy ini tergantung dengan kebutuhan kalian dalam berselancar di dunia internet. Dalam paket Groovy kalian tidak perlu khawatir akan biaya tambahan untuk peminjaman modem atau router, karena dalam harga yang ditawarkan sudah include semua.

Yang menjadi pembeda adalah paket Groovy yang termasuk dengan paket TV kabel. Untuk berlangganan paket ini kalian harus membayar biaya sewa sebesar Rp 40.000/bulan.

Internet

orang menikmati hp

Setelah kalian tahu semua ISP yang menyediakan wifi untuk rumah kalian, maka kalian harus tahu juga apakah ISP tersebut menjangkau rumah kalian. Karena sebagus apa pun ISP yang ada di Indonesia kalau rumah kalian tidak terkover maka kalian tidak dapat menikmati layanan internet di rumah kalian.

Biasanya harga yang ditawarkan ISP di Indonesia sudah termasuk PPN 10 persen dan biasanya sudah termasuk biaya pasang. Namun, untuk Indihome saya rasa kalau kalian mendapatkan masalah kalian bisa menghampiri kantor Telkom atau Plasa Telkom terdekat. Kalau kalian tidak mau ribet bisa call centre saja.

Kalau kalian tidak mau ribet maka kalian bisa berlanggan Groovy yang memiliki banyak pilihan paket yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalian. Kalian suka mendownload? Pilih Unlimited Kuota. Atau kalian suka bermain game? Kalian bisa pilih unlimited speed.

Write A Comment