(Last Updated On: June 21, 2019)

Tablet, siapa sih yang tidak tahu benda ini? tablet atau komputer tablet sendiri biasa kita kenal dengan istilah tab atau iPad. Namun apakah tablet komputer ini masih dibutuhkan sekarang?

sering kali kita melihat anak-anak yang bermain dengan tablet, entah untuk menonton Youtube atau untuk bermain games. memang parents jaman now itu bener-bener bener ya serba praktis.

Terahir kali saya memakai sebuah tablet adalah iPad mini 2, saya menggunakannya untuk bermain games dan juga untuk membaca. iPad jenis ini sangatlah cocok untuk saya karena ukurannya yang tidak terlalu besar cukup nyaman untuk bermain, membaca dan streaming.

Sejarah Tablet

bill gates holing microsoft tablet. circa 2000

Seperti yang kita tahu kalau tablet komputer di ciptakan untuk mengganti kegunaan komputer portable seperti laptop. produk seperti ini sendiri sudah ada pada awal tahun 2000-an yang diciptakan oleh Microsoft.

namun 10 tahun kemudian pada 3 april 2010 Steve Jobs sendiri memperkenalkan iPad, suatu tablet komputer yang didesain oleh apple ini memberikan pengalaman yang tidak pernah ada di jamannya. Tahun itu iPad langusung menjadi tern.

Steve Jobs sendiri memang tidak menemukan komputer tablet, namun dia lah yang saya rasa memberikan user experience yang paling mudah untuk dipelajari dibandingkan dengan tablet yang di tunjukan oleh microsoft 10 tahun silam.

iPad dan adik-adiknya

iPads through generations

iPad memiliki banyak sekali variasi, iPad memiliki 3 jenis yaitu iPad, iPad Pro, iPad Air dan juga iPad mini. mereka memiliki banyak keunggulan dan juga ukuran yang berbeda-beda. iPad mini sendiri adalah varian yang paling kecil.

Setiap iPad memiliki keunggulannya sendiri, sebagai contoh iPad Pro sendiri memiliki layar 120 hertz refresh ratio yang sangat smooth dan juga specs yang sangat kencang. iPad Air mirip seperti iPad Pro namun tidak memiliki Face ID.

Face ID adalah teknologi pemindai wajah yang digunakan untuk membuka, mengisi password, dan untuk men-autentikasi pembelian. teknologi ini pertama kali diadopsi untuk iPhone dan sekarang tersedia untuk iPad.

namun pembeda Face ID untuk iPad Pro sendiri adalah kita dapat membuka iPad dari posisi mana saja dan akan memberi tahukan kalau sensor pemindainya tertutup.

Kompetisi

Dengan adanya produk tablet seperti iPad di pasaran banyak kompetitior yang mulai membuat produk serupa untuk mengapai pangsa pasar iPad. Banyak produk-produk serupa yang bermunculan.

saya ingat pada tahun yang sama saya menggunakan samsung galaxy tab 10.1 inch yang pada waktunya adalah tablet yang terbesar. memang kalau kita lihat secara sekilas tidak ada yang mirip dengan iPad, namun apple sendiri menyatakan samsung menjiplak desain iPad dan iPhone.

pada tahun itu memang adalah tahun yang seru untuk pengamat gadget seperti saya. saya yang pada tahun itu adalah anak SMP sendiri kadang suka mencuri waktu untuk melihat perkembangan kedua kompetitor tersebut.

namun saya merasa kedua perusahaan tersebut sangatlah kompetitif di pasar produk elektronik seperti smartphone dan juga tablet komputer. bagaimana tidak, mereka saling menyiku satu sama lain di iklan-iklan yang mereka sebarkan di social media maupun media media lainnya.

komputer 360

a laptop thingy

mungkin ada yang pernah mendengar istilah ini komputer 360? jenis ini adalah komputer yang bisa di putar layarnya 360 derajat kebelakang. jenis komputer ini memiliki 2 kegunaan, yaitu dapat di gunakan untuk komputer seperti biasanya dan juga dapat digunakan sebagai tablet.

namun banyak sekali yang skeptis dengan adanya produk ini. seperti apakah engsel penyangga layarnya tidak gampang rusak atau apakah produk seperti ini ringkih? ya, saya tidak menyalahkan mereka yang berpikir seperti itu.

karena ini adalah produk baru pasti banyak yang berpikiran seperti itu. Saya sendiri ketika melihat peluncuran Samsung galaxy fold sendiri juga skeptis dengan layarnya yang bisa di tekuk menjadi lebih kecil.

namun sayang sepertinya pamor laptop seperti ini tidak berlangusng cukup lama. sekarang saja saya mungkin hanya 1 atau 2 merek yang masih membuat jenis komputer seperti itu.

Microsoft Surface

microsoft surface pro 6 vs ipad pro

Microsoft surface! ini adalah salah satu tablet komputer yang saya rasa sangat worth to buy saat ini. selain sangat enteng, produk ini juga memberikan fungsi laptop namun lebih ringan. saat saya melihat produk ini saya langusung jatuh cinta dengan design dan kemampuannya.

bagaimana tidak, 3 tahun setelah iPad meluncurkan produknya Microsoft rupanya juga ikutan menjual tablet. yang menjadikan pembeda antara iPad dan Microsoft surface sendiri adalah dari kegunaannya.

Microsoft surface sendiri adalah tablet yang dibuat oleh microsoft, yang berarti pastinya untuk keperluan kerja atau dukungan aplikasinya sangat banyak. bayangkan saja sebuah Surface pro dapat bermain game berat yang dibuat untuk PC sedangkan iPad tidak bisa.

namun memang kalian harus membeli keyboard slevenya sendiri yang memang cukup mahal. namun saat kita melihat bertapa mudahnya menggunakannya, saya rasa dengan harga yang merka tawarkan cukup masuk akal bagi saya.

iPadOS dan keinginan Apple untuk mendominasi pasar tablet

Pada tanggal 3 juni sampai 7 juni 2019 apple mengadakan WWDC. WWDC sendiri adalah konfrensi yang ditujukan untuk menunjukan software dan mungkin produk baru apple. konfrensi ini menurut saya adalah yang paling menarik sejauh ini.

pada WWDC tahun ini apple sendiri meluncurkan update software terbaru mereka, yaitu : MacOS Catalina, IOS 13, dan iPadOS. Saya cukup kaget saat apple menyampaikan iPadOS pada konfrensi ini.

bagaiman tidak, iPad yang biasa dihubungkan dengan IOS kini memiliki software-nya sendiri. ini bisa menjadikan iPad sebagai pengganti laptop. ini lah yang membuat saya ingin sekali memiliki iPad Pro.

Write A Comment