(Last Updated On: March 13, 2019)

Kalian pernah merasakan tanggal tua? Saya sendiri pernah merasakan tanggal tua. Saat itu rasanya mau makan saja duit nggak punya. Sampai buat internetan kadang minta tethering temen karena memilih paket internet termurah waktu itu susah banget. Sedih ya?

Biasanya tanggal tua tuh banyak dialami oleh anak kuliah yang ngekos. Kebayang kan perjuangan mereka. Sudah capek mati-matian belajar dan mengerjakan tugas, eh mereka harus belajar buat financial management. Ya, mereka harus mengatur kebutuhan mereka sehari-hari. Makanya paling enak tuh pacaran sma mahasiswa kayak saya. Kenapa? Ya, capek pusingnya pelajaran saja kita jabanin. Apalagi kamu.

Cari Paket Data Internet Termurah

Serius nih ya, untuk kita anak muda atau biasa disebut millennials ini memang banyak banget hal yang kita berharap tahu lebih dahulu sebelum kuliah. Sebagai contoh, bagaimana membayar pajak dan bagaimana me-manage kebutuhan dan keuangan. Karena menurut saya, untuk mengetahui hal-hal tersebut sangatlah penting . Sebelum kami menginjak dewasa alangkah baiknya kalau sudah memahami hal-hal yang biasa orang dewasa lakukan, seperti membayar pajak atau mengatur keuangan.

Sebagai anak kuliahan juga saya juga merasakan bahwa yang namanya menjadi dewasa adalah sebuah proses yang kita tidak bisa lewatkan. Dari proses ini juga saya belajar banyak hal tentang pertemanan, financial, dan berelasi untuk bekal masa produktif saya nantinya.

Jadi tujuan saya hari ini untuk member informasi ke kalian untuk cari paket data atau paket internet termurah. Di sini kalian akan saya kasih tahu informasi yang bisa membantu kalian untuk menentukan paket internet yang pas untuk kalian gunakan di rumah atau di jaringan 4G smartphone kalian. Intinya memilih internet termurah itu possible kok dan nggak susah.

Maaf ya teman-teman, kalau saya rada kebawa suasana di artikel ini. Intinya hari ini saya akan kasih kalian tips-tips menarik untuk kalian, anak kuliahan, yang suka internetan dan butuh paket internet yang bisa memanjakan hasrat kalian untuk selalu terhubung di internet.

Tips-Tips Memilih Provider Internet

Ini topik yang menarik sih. Soalnya provider yang menyediakan akses internet rata-rata semua sudah menyediakan paket internet. Yang menarik itu tuh provider apa yang bisa ngasih value paling menguntungkan untuk saya. Biasanya banyak orang yang ngomong “ada kualitas ada harga”. Saya sendiri setuju dengan pernyataan itu. Sayangnya, tidak semua orang mau untuk mengeluarkan budget tertentu untuk membeli paket internet.

Nah, banyak hal-hal yang kalian harus ketahui untuk memilih provider internet. Tidak semua provider memberikan pengalaman penggunaan yang sama. Oleh karena itu, kalian harus jeli dan melakukan research sebelum memutuskan untuk menggunakan provider internet yang mana.

Saya mencoba untuk membantu kalian untuk memilih provider internet. Berikut adalah tips-tips yang bisa saya coba bagikan kepada kalian semua:

Ketahui Lokasi Penggunaanmu!

Hal ini penting untuk kalian ketahui. Jika kalian hanya serta merta asal memilih provider, bisa menyesal nanti. Sebagai contoh, jika kalian bepergian ke tempat tertentu, kualitas jaringan internet kalian tidak dapat dijamin akan smooth seperti saat di kota besar.

Jika hanya menggunakan internet di rumah, lebih baik kalian mencari tahu tentang coverage area provider internet tersebut. Banyak internet provider rumahan tidak melayani pembukaan jaringan baru jika tidak memenuhi kapasitas yang mereka minta. 

Sebagai contoh, kamu kepengen minta pembukaan jaringan di daerah rumah kamu yang masih belum ter-cover. Ternyata di daerah rumah kamu nggak ada yang memakai internet rumaha. Penyedia internet tersebut baru mau buka jaringan baru kalau kamu bisa meyakinkan warga sekitar rumah kamu untuk menggunakan internet dari services yang disediakan oleh penyedia layanan internet tersebut.

Penting Untuk Membaca Syarat dan Ketentuan

Hal yang paling kita malas baca adlah soal syarat dan ketentuan. Gimana ya, di syarat dan ketentuan tuh isinya banyak banget. Walaupun penting, saya sendiri kadang suka malas membacanya. Banyak banget. Padahal syarat dan ketentuan sangat penting loh untuk kalian baca. Di sana banyak hal yang kalian harus tahu.

Misalnya, kalau kalian beli paket internet dan provider tersebut meyakinkan kalau kalian beli paketnya kalian akan dapat “download speed up to 100 Mbps*”. Nah dari kalimat itu kalian harus tahu bahwa si operator menjanjikan speed yang MUNGKIN bakalan nyampe 100 Mbps. Dengan kalian baca syarat dan ketentuan, kalian akan terhindar dari hal-hal yang akan merugikan kalian. Biasanya masa aktif promosi paket juga ada di syarat dan ketentuan.

Ketahui Perbedaan MBps dan Mbps

Kalian juga harus tau perbedaan antara Mbps dan MBps. Nah, apa sih perbedaan dari Mbps dan MBps?

Sebenarnya sih simpel saja. Mbps tuh artinya Mega bit per second dan MBps artinya Mega Byte per second. Nah, perbedaan dari keduanya apa sih? Mega Byte per second tuh lebih cepat karena 1 bit sama dengan 1/8 satuan byte.

Sebagai contoh nih, kalian beli paket internet dengan kecepatan download-nya up tp 200 Mbps. Jadi untuk penghitungannya seperti ini:

200Mbps = 200.000 Kbps, artinya 200.000 kbps = 200.000/8  25 KBps  atau sekitar dengan 25MBps 

Jadi kalian beli paket internet dengan kecepatan download-nya 25 MB per second dan bukan 200 MB per second.

Ketahui Device yang Kalian Gunakan

Nah kalian menggunakan internet ini di device yang mana? Kalau kalian menggunakan internet di smartphone kalian biasanya service internetnya sudah di-optimized untuk penggunaan mobile yang lebih hemat. Sebaliknya kalau kalian menggunakan internet di laptop, penggunaannya sudah di-optimized untuk penggunaan di laptop. Soalnya laptop dapat memuat content yang lebih banyak .

Kalau kalian meggunakan internet mobile untuk tethering maka kecepatan yang sudah di –optimized untuk mobile akan sedikit atau lemot jika digunakan untuk laptop. Jadi kalian harus tahu device dan menggunakannya untuk apa.

Ketahui Penggunaan Internet Setiap Orang

Setiap orang pasti suka dengan internet yang cepat. Sayangnya, internet yang cepat enggak berbanding lurus dengan harga yang murah. Sama aja dengan paket yang kuota banyak tapi lemot. Intinya nggak bisa dapat semuanya. Kalaupun bisa, harganya pasti mahal banget.

Kapan Kalian Menggunakan Internet

kapan menggunakan internet

Kalian juga harus tahu kapan kalian menggunakan internet. Contohnya nih, kalau kalian sering menggunakan internet pada malam hari, kalian akan memilih paket internet yang ada pilihan KUOTA malam yang banyak. Kalau kalian suka nonton Youtube, kalian lebih baik menggunakan yang ada opsi paket interent yang KUOTA Youtube-nya banyak.

Application Apa yang Kalian Sering Gunakan?

aplikasi yang sering digunakan

Apps atau application yang sering kalian gunakan menjadi penentu juga dalam memilih paket internet yang kalian gunakan. Misalnya kalau kalian menggunakan social media maka penggunaan internetnya tidak akan berat karena social media menggunakan kuota yang sedikit. Dan sebaliknya kalau kalian menggunakan application yang lebih fokus kepada melihat atau meng-upload content video, music atau streaming.

Kalau kalian tipe orang yang suka main game online,a penggunaan internet kalian bisa sama atau malah lebih berat dibandingkan dengan streaming atau menggunakan social media.

Nah, dari situ kalian bisa menentukan untuk memilih paket yang mana yang sesuai dengan kebutuhan penggunaan application yang paling sering kalian gunakan sehari-hari

Perhatikan Penggunaan Bulananmu

Kalau kalian udah tahu application apa aja yang kalian sering gunakan, kalian bisa melakukan perkiraan untuk penggunaan perbulann. Caranya dengan memantau penggunaannya di data usage. Di setiap smartphone mungkin letaknya akan berbeda-beda. Namun dari sini kalian bisa melihat setiap application yang menggunakan akses data internet per harinya.

Nah, dengan kalian bisa memantau penggunaan data internet kalian dalam sehari kalian dapat memperkirakan seberapa banyak KUOTA internet yang akan kalian gunakan dalam sebulan. Di smartphone Android, kalian dapat mengontrol seberapa banyak kalian menggunakan data internet di smartphone kalian. Tujuannya agar paket internet yang kalian beli akan cukup sampai satu bulan. 

Dengan fitur ini juga kalian bisa menghemat paket internet yang kalian beli. Saya sendiri pernah menggunakan fitur ini pas lagi nggak ada duit buat beli paket yang lebih banyak kuotanya. Waktu itu saya beli paket 5 GB internet dan 5 GB Youtube. Dengan fitur ini saya bisa mengakses internet sampai ahkir bulan. Jadi kalau kalian mau menghemat pengeluaran untuk paket internet di smartphone kalian, fitur ini dapat membantu kalian.

Paket Internet di Rumah

Hal-hal di atas adalah tips-tips yang saya bisa bagikan kepada kalian anak-anak mahasiswa. Dengan kalian menerapkan tips itu, saya harapkan bisa membantu kalian semua. Jika kalian mau yang lebih hemat lagi kalian bisa pake WI-FI di rumah kalian. Dengan kalian berlangganan WI-FI di rumah, kalian bisa menghemat pengeluaran kalian untuk membeli paket internet untuk smartphone kalian. Apalagi kalau kalian pake Groovy. Groovy punya 2 tipe paket internet yang berbeda yang sesuai dengan penggunaanmu. Groovy juga memberi kalian pilihan mau paket yang Unlimited Speed atau Unlimited Data.

Unlimited Speed Versus Unlimited Data

Nah, bagi kamu yang suka download sesuatu, mending pilih yang Unlimited Data. Soalnya dengan Unlimited Data kamu bisa sepuasnya download film. Bisa juga buat kalian yang mau streaming video di YouTube dengan kecepatan yang cukup cepat. Semuanya tergantung dengan paket kalian pilih.

Di paket ini kalian benar-benar dimanjakan kalau kalian suka download. Dengan kecepatan di paket awal sebesar 10 Mbps kalian nggak perlu takut kalau kalian nggak bisa download file yang gede. Masih kurang? Tenang saja, paketnya ada pilihan buat speed yang berbeda-beda paling awal 10 Mbps sampai paling kencang 80 Mbps. Paling enaknya nih kalian bisa nikmatin 24 jam 30 hari non-stop.

Kalau kalian suka main game atau mau streaming film dengan resolusi HD atau 4K, maka kalian lebih baik memilih yang Unlimited Speed. Ssoalnya yang Unlimited Speed ini kalau buat main game enak banget. Latency-nya tuh kecil. Jadinya kalau buat main game stabil banget. Cocok buat kamu yang suka main game FPS atau MOBA yang butuh konektivitas yang stabil dan internetnya memiiki respons yang cepat. Kalian nggak perlu takut untuk nggak bisa internetan. KUOTA daily-nya dimulai sebesar 5GB per hari.

Jangan takut kalau kalian melebihi penggunaan hariannya. Kalau kalian melebihi masa penggunaan harian, kecepatan yang kalian gunakan akan diturunkan. Tapi kalau 5GB nggak cukup buat KUOTA harian kalian tenang saja. Groovy ngasih KUOTA sampai 40 GB per hari, tergantung dengan paket yang kalian pilih.

Write A Comment